Selingan

Kulit berwarna raih Academy Award pertama

Pada usiia(51) pada 14/8/17, Berry makin menunjukkan kematangannya. Aktris dan mantan ratu kecantikan ini mengatakan jika dia mengalami diskriminasi rasial saat menghadiri sekolah negeri yang didominasi kulit putih di pinggiran Kota Ohio.

Kesulitan pada tahun2 awal itu memberinya tekad untuk sukses dan pada 1980-an dia meraih gelar Miss Teen Ohio dan Miss Teen America. Dia jadi runner-up pertama di kontes Miss USA 1985. Juga 15 tahun lalu, Berry sebagai wanita kulit berwarna pertama yang menang Academy Award sebagai aktris terbaik.

 

Hanya 8 perempuan kulit berwarna jadi nominator aktris terbaik dan tak satu pun mereka menang. Di wawancara pemimpin editor Teen Vogue, Elaine Welteroth, Berry mengatakan, tidak berartinya penghargaan Oscar itu setelah nominasi Oscar 2016 karena tak ada satu actor/aktris kulit hitam jadi nominator. Tahun itu Academy Awards dikritisi dengan lahirnya tagar #OscarsSoWhite di Twitter.

“Saya duduk di sana dan saya berpikir, momen saya waktu itu tidak berarti apa2. Saya pikir itu berarti sesuatu, tapi tidak berarti apa-apa,” ucapnya. Meskipun kecewa, saat ini Berry mulai memikirkan cara agar dia bisa membantu menumbuhkan warna Hollywood yang lebih beragam.

 

“Saya ingin mulai mengarahkan memproduksi film lebih banyak dan membuat lebih banyak kesempatan untuk orang2 kulit berwarna. Saya berdiskusi dengan anggota Academy Awards dan mencoba mencari tahu cara membantu dan menambahkan lebih banyak keragaman pada ajang ini,” urainya.

Langkah Berry membuahkan hasil manis. Dikutip Los Angeles Time, pihak Academy Awards mengumumkan memperpanjang daftar keanggotaan jadi 774 yang memecahkan rekor tahun ini, terdiri atas 30% undangan untuk orang berkulit berwarna dan 39%-nya perempuan.

Ini undangan paling beragam dalam Academy Awards. Jika 774 orang ini menerima undangan, artinya akan mendorong keanggotaan kulit berwarna di Academy sampai 13% dan keanggotaan wanita 28%.

Tahun ini tagar #OscarsSoWhite masih muncul. Ada pilihan nominasi lebih beragam. Tagar ini juga agar Hollywood tetap berbenah mendiversifikasi industri perfilman dan penghargaan. (amm; Koran Sindo)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://lifestyle.sindonews.com/read/1251038/187/wanita-kulit-berwarna-pertama-yang-meraih-academy-award-1508766515)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close