Iptek dan Lingk. HidupSelingan

Piramida Alam yang unik di Tyrol Italia

Merdeka..com-Jika bicara pyramid/piramida, yang terbayang adalah Piramida Agung Giza yang tersohor. Sebenarnya banyak piramida lain yang tak kalah indah. Baik piramida yang dibangun manusia atau  dibentuk oleh bumi, seperti piramid alam di Tyrol.

 

Sejumlah tempat di Tyrol Selatan, Italia ada keunikan formasi geologi yang disebut piramida alam. Dilansir Amusing Planet, struktur unik ini berasal dari tanah liat moraine. Terbentuk setelah zaman es berakhir, ketika gletser2 meleleh.

 

Awalnya lapisan tanah liat seperti lereng batu yang keras. Tapi musim hujan tiba, lapisan tanah melunak dan terkikis aliran air. Menyisakan lapisan moraine yang terlindung bebatuan di atasnya. Jadilah cungkup2 tanah yang disebut piramida alam Tyrol. Walaur sederhana, proses pembentukannya selama ribuan tahun.

 

Piramida alam ini kekhasan daerah Tyrol Selatan, tapi juga ditemukan di tempat2 lain. Yang terbaik berlokasi di Ritten, dataran dekat Bozen, utara Italia. Tak kalah indah jika dibanding piramida Mesir atau Inca. (tsr; Tantri Setyorini)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/gaya/keunikan-piramida-piramida-alam-di-tyrol-selatan-italia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close