Islam

The power of silaturahim

Ada pertanyaan menarik: Apa benar silaturahim itu menyehatkan, membahagiakan, memperpanjang umur dan kunci sukses berbisnis dan mempercepat hadirnya keberkahan Tuhan, juga amalan yang bisa memasukkan pelakunya ke dalam surga?

Sahabatku, Allah menekankan pada manusia agar menjaga hubungan tali silaturahim. Rasul Saw bersabda :  “Sebarkan salam, niscaya kalian selamat.”  [HR. Ahmad].
Selamat dari pemutusan hubungan dan langgeng rasa saling cintanya di antara kalian. Hati kalian akan bersatu, dan hilanglah permusuhan serta pertikaian. (Faidhul Qadir, 2/22)

”Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahim”. [Muttafaqun ‘alaihi]. Perintah silaturahim, tercantum di Alquran: (QS. An Nisa [4]:1); (QS. An Nahl [16]:90); (QS. Al Isra [17]: 26); (QS. Ar Rum [30]:38).
Sahabatku, saling mengasihi di antara kita, itu nikmat dan anugerah  besar. Fakta ini menunjukkan silaturahim itu urgensi tinggi, terutama merekatkan persaudaraan, saling percaya dan mendatangkan kebahagiaan bersama. Kebahagiaan dunia dan akhirat akan dirasakan bagi yang menyebarkan salam dan mau menjalin tali silaturahim.

Apa ada syaratnya? Ya bukan hanya syarat tapi harus dilengkapi rukunnya. Betapa tingginya nilai senyum di tiap acara silaturahim.

 

Bayangin, andai sekali lagi andaikata di acara Reuni P2Tel pak Alchairi, pak Rubani, pak Husin Hulinggi, pak Dhon, pak Zaenal, pak Narto, pak Muryanto, pak Totok Subianto pak Prasetyo (maaf khusus kali ini nulis nama pak Pras pakai akhiran O) tidak mau pada mesem, (untuk jaga wibawa, misalnya) dan hadir manyun tak saling tegur sapa, dipastikan acaranya tidak menarik.

Sahabatku, senyum itu anugerahNya hanya diberikan pada manusia. Senyum tulus dalam silaturahim memberi kebahagiaan, menimbulkan semangat berkarya dan jadi perekat persahabatan. Senyum itu ibarat perhiasan batin yang mempercantik perhiasan lahir yang kurang menarik. Apalagi di usia kita yang makin senja. Ditakdirkan makin peot, kusut dan keriput.

Logikanya, senyum melatih otot wajah, sehingga raut muka lebih menarik. Senyum membantu Anda melepaskan ketegangan. Bayangkan, garis2 kerutan wajah lebih cepat terbentuk jika Anda  sering marah, menderita stres, atau dirundung kesedihan2. Bila Anda  pandai mengelola stres, dipastikan Anda akan tampil sehat dan awet muda.

Korelasi silaturahmi dengan datangnya rezeki, itu ada syarat dan rukunnya. Jika topik itu menarik, insyaallah akandisajikan waktu. Kalau sekarang, kepanjangan, dilhawatirkan Anda akan malas bacanya.
Terimakasih atas perhatian Anda. Salam sukses penuh berkah, tetap sehat dan semakin bahagia.
(Bandung, 24/9/2017; Wassalam, Muchtar A.F; www.startc.co; FB, IG, YT: muchtar a.f)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close