RSS Feed     Twitter     Facebook

Tiga pelabuhan terapkan layanan online

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 8 views    Font size:
Tiga pelabuhan terapkan layanan online

Jakarta-Kemenhub cq Ditjen Perhubungan Laut kembali menambah layanan kapal dan barang berbasis online “Inaportnet” untuk Pontianak, Palembang, dan Teluk Bayur.  Hingga kini ada 13 pelabuhan yang melakukan go live dari total 16 pelabuhan yang ditargetkan go live semuanya akhir 2017.

 

Tiga pelabuhan tersisa untuk go live di 2017 : Pelabuhan Sorong, Banten dan Gresik. Sekjen Kemenhub Sugihardjo mengatakan, arahan Presiden Jokowi, sebagai negara maritim harus bersistem pelayaran yang efisien. Untuk itu, penerapan Inaportnet penting dilakukan konsisten guna meningkatkan pelayanan kapal agar berjalan cepat, terpercaya, transparan, dan terstandar serta biaya minimal.

“Agar meningkatkan daya saing pelabuhan” ujarnya (3/10/17). Penerapan Inaportnet di Pelabuhan jadi quick win Kemenhub yang harus diterapkan di 16 pelabuhan. Inaportnet salah satu program quick win Kemenhub yang harus didukung penerapannya di pelabuhan2 Indonesia yang telah ditunjuk.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Hubla Bay M Hasani menyebut, sistem pendukung pelaksanaan Inaportnet yang berjalan yaitu Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), sistem kapal online, aplikasi sertifikasi pelaut, sistem informasi kepelabuhanan, dan sistem di Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

“Ini berjalan bila sistem pendukungnya andal dan terintegrasi. Perlu sinergi di antara pemangku kepentingan” tutur Bay. Penerapan Inaportnet ini bentuk kesungguhan dan komitmen Kemenhub mewujudkan sistem layanan kapal dan barang di pelabuhan andal dan terpercaya.

“Saya tegaskan  ke pejabat di lingkungan Ditjen Hubla dan jajarannya agar menerapkan Inaportnet di pelabuhan secara konsisten dan kepada pengguna jasa kepelabuhanan agar mulai gunakan pelayanan kapal dan barangnya melalui Inaportnet,” tuturnya.

Inaportnet itu sistem informasi layanan tunggal elektronik berbasis internet untuk mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan yang standar melayani kapal dan barang dari Instansi2 terkait atau pemangku kepentingan termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan. (izz; Yanuar Riezqi Yovanda)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://ekbis.sindonews.com/read/1244994/34/kemenhub-tambah-tiga-pelabuhan-terapkan-layanan-online-1507017669)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*