RSS Feed     Twitter     Facebook

Dianjurkan tidak minum kopi ketika perut kosong

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 5 views    Font size:
Dianjurkan tidak minum kopi ketika perut kosong

Kompas.com-Banyak orang terbiasa minum kopi pagi2 agar lebih bersemangat dan mengusir kantuk. Sebagian melewatkan sarapan dan hanya minum kopi sebelum keluar rumah. Tentu, Anda terkejut saat tahu minum kopi saat perut kosong pagi hari itu ide buruk. Berikut dampaknya :

 

1-Asam lambung naik

Asam lambung penting mendukung kelancaran pencernaan makanan, dan ini diproduksi ketika makan, mencium aroma makanan, atau saat sedang memikirkan makanan. Di sisi lain, asam lambung itu cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang di lambung tanpa ada makanan untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

 

Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf), merangsang produksi asam. Karenanya minum kopi saat perut kosong meningkatkan keasaman perut. Dampaknya mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

 

2-Mudah stres dan cemas

Minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres, juga perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin (hormon pemicu rasa tenang dan bahagia) yang diproduksi otak pada dasarnya rendah di pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya lebih memburuk.

 

Kafein merangsang sistem saraf, berarti banyak kopi mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Jadi, Anda lebih mudah cemas dan stres. Selain itu, kafein membuat Anda bolak-balik buang air hingga berpotensi picu gejala dehidrasi, yang menguras energi dan menyebabkan sakit kepala.

 

Sebaliknya, makanan berefek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf. Karena itu, makan sambil minum kopi membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kopi.

 

3-Menekan produksi hormone Kortisol

Minum kopi pagi hari mengganggu produksi kortisol, komponen penting jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun pagi dan membuat kantuk malam hari. Pagi2, otak melepas banyak produksi kortisol membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, dampaknya produksi kortisol menurun dan tubuh lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

 

Lama kelamaan, ketergantungan tubuh pada kafein menyebabkan tubuh kebal pada efek kopi. Sehingga minum kopi saat perut kosong pagi hari bukan hal yang baik. Namun, rasanya sulit untuk menyingkirkan kebiasaan ini. Lha kalau Anda masih ingin secangkir kopi di pagi hari?

 

Beberapa orang, kopi itu bagian vital harian dan pertama yang dipikirkan pagi hari. Banyak yang mulai hari tanpa ngopi bisa mengubahnya jadi orang menjengkelkan. Jika Anda ingin dapat dosis kafein harian, tanpa berhadapan mulas, pakar2 sarankan minum kopi setelah makan2an.

 

Jika sarapan bukan solusi Anda saat ini, tambahkan susu atau sesendok mentega ke kopi hitam Anda untuk membantu tubuh Anda dapat asupan vitamin dan nutrisi lain, sehingga mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong. (Wisnubrata; Hello Sehat)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/04/053800620/3-alasan-sebaiknya-tidak-minum-kopi-saat-perut-kosong)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*