Kesehatan

Efek duduk lama dan solusinya

Merdeka.com-Banyak artikel membahas bahaya dari duduk terlalu lama. Namun secara detail, merdeka.com akan mengungkapkan cara mengatasinya. Tidak bisa dipungkiri kehidupan perkotaan  kental dengan hal ini. Duduk terlalu lama, di kendaraan saat macet atau duduk karena tugas.

 

Tidak banyak yang bisa dilakukan, umumnya orang menyerah. Padahal, efek duduk lama itu berbahaya. Duduk di meja kerja terlalu lama menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko stroke lantaran pembentukan gumpalan, tekanan darah tinggi, kolesterol, dsb. Penyakit2 itu yang dapat membunuh kita

Kondisi ini juga dikenal sebagai sindroma metabolik dan penelitian menunjukkan yang tetap diam di meja selama lebih dari empat jam sehari, memiliki 50% peningkatan risiko kematian. Selain itu, yang lebih ngeri peningkatan risiko kematian akibat serangan jantung.

Lantas apa yang harus dilakukan?
Ada banyak artikel me-nakut2i dengan segala risiko itu. merdeka.com akan memberi solusi menekan hal itu. Berikut yang harus dilakukan jika Anda tergolong pekerja dengan intensitas duduk yang tinggi:

1-Ber-jalan2 di sekitar kantor tiap 30 menit 1x. Anda boleh berjalan ke kamar mandi dan kembali lagi ke tempat duduk. Itu cukup membantu. Usahakan selalu datangi teman Anda jika ingin bicara dan jangan malas beranjak dari tempat duduk, apalagi menggunakan chatting. Jika sanggup berjalan hampirilah.

2-Berjalan mondar mandir saat terima telepon, ini membantu. Kadang ada saat Anda harus menerima telpon dari seorang klien misalnya. Gunakan kesempatan itu dengan berjalan mondar-mandir.

3-Usahakan jalan kaki saat mau makan siang, di kantor atau di luar. Meski jaraknya dekat, sangat membantu. Setidaknya tidak terpaku di tempat duduk. Dan jangan sekali2 makan siang di meja kerja.

4-Istirahat
Anda harus istirahat dari rutinitas. Bisa baring di ruang santai melepas penat. [ega; Yoga Yti Priyanto]

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/sehat/ngerinya-efek-dari-duduk-terlalu-lama-ini-cara-mengatasinya.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close