Psikologi

Ganti2 kerjaan-tapi tetap profesional

Mayoritas pengusaha menghargai loyalitas pekerjanya, tapi itu tak selalu diterapkan karyawan. Menetap di satu perusahaan untuk jangka panjang, membuat atasan senang, tapi bisa mengakibatkan macam2 stagnasi bagi karyawan.

 

Selain kebosanan rutinitas, juga bahaya kehilangan peningkatan karier dari segi gaji dan tanggung jawab yang bisa datang melalui cara pindah pekerjaan. Apakah Anda tipe pekerja berpengalaman atau berpikir untuk jadi lebih ‘mobile’ di karier Anda.

 

Ada hal2 penting sehingga Anda tidak jadi pegawai yang tidak bisa diandalkan untuk calon perusahaan selanjutnya. Artikel berikut membahas hal2 yang perlu dilakukan untuk membuat Anda menjadi lebih baik sebagai pekerja yang kerap berganti-ganti pekerjaan.

 

Jangan terlalu sering berganti pekerjaan

Tentu tidak ada yang salah kebiasaan ganti2 pekerjaan. Tapi kendala2 yang wajib dicermati jika Anda kerap berganti kerjaan. Jika Anda beralih pekerjaan tiap beberapa bulan, biasanya perekrut menganggap Anda tidak dapat atau tidak akan bertahan ketika keadaan jadi sulit.

 

Ini ide baik untuk tinggal di tiap pekerjaan setidaknya dua tahun untuk menunjukkan Anda bersedia dan mampu melakukan sejumlah waktu yang ditentukan untuk masing2 posisi.

 

Jelaskan siapa anda

Jika dilihat sejarah dan pengalaman bekerja Anda sebelumnya, pasti pertanyaan terkait dilontarkan  perekrut perusahaan, diantaranya mengapa Anda tinggal di sana selama 6 bulan? Kenapa beralih ke pekerjaan itu?

 

Ini penting Anda siap dengan jawaban yang menempatkan keraguan mereka tentang kesesuaian Anda untuk beristirahat. Tetap positif ketika Anda berbicara tentang perusahaan di masa lalu, bahkan jika itu pengalaman buruk. Coba jelaskan alasan Anda secara jujur dan ringkas.

 

Menetapkan pilihan anda

Jika surat lamaran Anda terlalu tersebar, pihak perekrut akan tanya komitmen karier Anda. Apalagi jika sebelumnya Anda kerap ganti pekerjaan, profesi. Misal, Anda mungkin ingin untuk memperkuat keterampilan Anda di daerah tertentu dalam rangka memajukan karier, atau Anda merasa pemahaman industri paralel akan membuat Anda lebih kuat di bidang terkait.

 

Bina hubungan baik

Ketika Anda bergerak di perusahaan2 bidang yang sama, jadi hal penting mempertahankan hubungan sehat dengan perusahaan sebelumnya dan rekan kerja Anda. Anda akan berjalan ke orang2 ini di beberapa titik atau lain, dan Anda mungkin perlu bantuan mereka di masa depan.

 

Melalui referensi atau pertimbangan posisi baru di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Berikan banyak pemberitahuan ketika Anda tinggalkan perusahaan, jaga hal-hal yang penting dan tetap berhubungan. Perusahaan sebelumnya merupakan bagian integral dari jaringan profesional Anda.  (sus)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://news.okezone.com/read/2017/10/19/65/1798694/sering-gonta-ganti-pekerjaan-nih-cara-agar-terlihat-tetap-profesional)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close