Iptek dan Lingk. Hidup

Sepuluh Planet baru layak huni mirip Bumi

Jakarta-Ilmuwan NASA temukan 219 objek baru di luar tata surya yang hampir pasti itu planet. Mereka juga menyatakan 10 dari planet itu mungkin berbatu dan berukuran seperti Bumi dan layak dihuni. Data ini dari misi Kepler yang lama berlangsung.

 

Dari Maret 2009-Mei 2013, Kepler melihat 145.000 bintang seperti matahari di bagian kecil langit malam di dekat rasi Cygnus. Sebagian besar usia ribuan tahun cahaya jauhnya, sehingga jarang ada yang akan mengunjunginya. Data itu menginformasikan ke astronom, planet Bumi bisa serupa dan berpeluang menemukan makhluk luar angkasa cerdas.

 

“Kami telah ambil teleskop dan telah menghitung banyaknya planet serupa Bumi di bagian langit ini” kata Susan Thompson, ilmuwan riset Kepler di SETI Institute, mengatakan dalam konferensi pers di NASA Ames Research Center. “Kita akan menentukan adakah tempat yang bisa ditinggali di galaksi” ujarnya.

 

Penemuan Kepler ini menambah planet2 mirip Bumi jadi 49. Jika salah satunya punya atmosfer stabil, berarti punya kehidupan. Ilmuwan tidak banyak mengungkapkan 10 planet itu. Mereka menyatakan planet itu kira2 seukuran Bumi dan mengorbit di “zona layak huni bintang”. Air cenderung stabil dan cair, tidak beku atau menguap. Hal itu tak menjamin planet2 ini layak huni.

 

Periset Kepler menduga planet2 mirip bumi tak terhitung itu nunggu ditemukan. Teleskop hanya bisa “melihat” exoplanet lewat di depan bintangnya. Kepler mengungkap 4.034 kandidat planet, dengan 2.335-nya dikonfirmasi sebagai planet ekstrasurya. Disisi lain hanya 49 dari ribuan calon planet Kepler ukuran Bumi dan di zona layak huni.

 

Ini mengguncang dunia ilmiah yang bisa diartikan miliaran dunia semacam itu ada di galaksi Bima Sakti. “Jumlah ini bisa kecil sekali. Saya gembira penemuan ini” kata Courtney Dressing, astronom di Caltech, dalam briefing. Dilansir Independent; 11/11/17. (lnm; (kem; Lely Maulida)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://techno.okezone.com/read/2017/11/10/56/1812176/menakjubkan-nasa-temukan-10-planet-baru-yang-layak-huni-seperti-bumi?utm_source=mobile_wp&utm_medium=mobile_box&utm_campaign=mobile_WGBR-Slide4)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close