Wisata dan Kuliner

Uniknya Homestay Jabu Na Ture

Pemerintah gencar siapkan mengail devisa dari sector Pariwisata. Dikutip dari Dream.co.id- Menpar Arief Yahya usai mendampingi Presiden Jokowi di acara peresmian Terminal Internasional Bandara Silangit, melanjutkan kegiatan mendatangi dan meresmikan Desa Sigapiton.

 

Desa di Kab-Toba Samosir ini dijadikan ‘pilot project’ pengembangan homestay desa wisata oleh Kemenpar. Di desa ini pada 15/10/17 berdiri dua unit homestay yang diberi nama ” Jabu Na Ture” .

Bangunan homestay ini terinspirasi desain Sayembara Homestay Nusantara dan Homestay Ecopod yang digelar Kemenpar. Homestay Jabu Na Ture  berbentuk unik, menyerupai telur dan rumah panggung.

 

Keduanya terinspirasi dari bentuk Jabu Bolon khas rumah tradisional Suku Batak Toba. Dengan modifikasi material bambu yang lebih murah dan eco-friendly. Pembangunan homestay ini didanai Kemenpar untuk mensosialisasikan bagaimana mempertahankan ciri khas atau arsitektur nusantara, dan menjadikan homestay sebagai salah satu usaha pariwisata masyarakat.

 

Pembangunan homestay terbuka untuk didanai oleh Investor. Keberadaan dua homestay di Toba ini diharapkan menumbuhkan ketertarikan masyarakat lain untuk menjadikan rumah tinggalnya sebagai homestay dan setiap desa dapat menjalankan usaha pariwisata secara mandiri.  (Puri Yuanita)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://travel.dream.co.id/destination/baru-diresmikan-menpar-uniknya-homestay-jabu-na-ture-1711249.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close