RSS Feed     Twitter     Facebook

4G TDD Telkomsel komersial bulan Desember 2017

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
4G TDD Telkomsel komersial bulan Desember 2017

Harus kita akui bahwa Generasi ke 5 (4G TDD) suatu layanan komunikasi dengan bebereapa keunggulan dibanding generasi sebelumnya. Bertalian dengan topik itu, berikut saya kutipn dari Merdeka.com :

 

Telkomsel pastikan layanan 4G di frekuensi 2,3 GHz siap ke tahap komersial setelah sukses dapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Dirjen Postel.

 

“Per 1/12/17 layanan 4G di frekuensi 2,3 GHz mulai dikomersialkan. Dengan menerapkan teknologi TDD (Time Division Duplex) 2,3 Ghz maka layanan data dan digital Telkomsel punya mutu dan kecepatan akses lebih baik,” ucap Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah dikutip dari Antara (29/11)

 

Menurut Ririek, setelah memenangi lelang tambahan spektrum untuk frekuensi 2,3 GHz, pada akhir Oktober 2017, Telkomsel langsung bergerak cepat melakukan serangkaian aktivitas pengembangan layanan. “Tambahan spektrum ini memungkinkan Telkomsel untuk memperkuat dan memaksimalkan kualitas layanan 4G LTE bagi pelanggan, khususnya di wilayah-wilayah yang kapasitas penggunaan layanan datanya sudah padat,” ujarnya.

 

Kecepatan akses mobile broadband lebih tinggi, Telkomsel mampu menghadirkan pengalaman digital lifestyle dan pelanggan makin nyaman mengakses informasi2 secara mobile, khususnya layanan video streaming. Saat ini BTS LTE TDD 2,3 GHz bertahap digelar di area Jabodetabek yang tingkat kepadatan layanan data tinggi. Diharapkan Desember 2017 ini  500 BTS LTE TDD tergelar di Jabodetabek,  Palembang dan Bandung.

 

Awal 2018, BTS LTE TDD digelar untuk kota2 lain di Indonesia yang kepadatan akses layanan datanya  tinggi. Namun ada kekhawatiran frekuensi 2,3 GHz ini tidak dapat dinikmati banyak pelanggan karena perangkat pendukung LTE band 40 ini terbatas. Sehingga komersialisasi LTE 2,3 GHz jadi gak optimal.

 

VP Technology & System Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, untuk menikmati layanan LTE TDD 2,3 GHz ini, pelanggan tak perlu mengganti simcard selama handsetnya mensupport band frekuensi LTE TDD 2,3 GHz dan berada dalam coverage layanan LTE TDD 2,3 GHz.

 

Kini 50 juta handset LTE di jaringan Telkomsel, 85% diantaranya mensupport layanan ini. LTE TDD 2,3 GHz ini dapat melayani “throughput downlink” lebih baik, karena besarnya lebar bandwidth yang digunakan. “Jangka panjang, tambahan spektrum ini memungkinkan kami terus melayani data terbaik dan” ujar Indra.

 

Country Lead Lenovo Indonesia, Adrie R Suhadi menjelaskan device Lenovo dan Motorola sudah memenuhi aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sudah support untuk LTE band 40. Adrie memperkirakan komersialisasi 4G LTE oleh Telkomsel di frekuensi 2,3 GHz bakal mendorong vendor smartphone untuk dapat produksi lebih banyak varian handset yang support LTE di band 40.

 

“Sehingga user experience pelanggan mengakses internet jauh lebih cepat. Selain itu operator yang punya jaringan 4G LTE di frekuensi 2,3 GHz juga jauh lebih lebih efesien memanfaatkan spektrum radio nya.” (idr; Idris Rusadi Putra)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/uang/layanan-4g-tdd-telkomsel-komersial-awal-desember.html?utm_source=Detail%20Page&utm_medium=Berita%20Terkait&utm_campaign=Mdk-Berita-Terkait)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply