Psikologi

Cara berburu Monyet

Manusia lebih pandai dari hewan. Itu pasti, seperti yang dirilis melalui kompasiana.com berikut ini : Kisah ini mengajarkan pentingnya membuka “Genggaman Tangan” kita. Konon ada teknik unik berburu monyet di hutan2 Afrika. Caranya si pemburu menangkap monyet hidup2, tanpa cedera.

 

Cara menangkapnya sederhana. Pemburu gunakan toples berleher panjang dan sempit. Toples itu diisi pisang atau kacang yang diberi aroma. Tujuannya, mengundang monyet2 datang. Lalu toples itu ditanamkan di tanah dengan menyisakan mulut toples tanpa tutup. Pemburu melakukan di sore hari.

 

Esoknya, mereka ringkus monyet2 yang tangannya terjebak di botol dan tak bisa dikeluarkan. Kok bisa? Monyet2 itu tertarik aroma dari tiap toples. Mereka amati, lalu memasukan tangan ambil pisang atau kacang di dalam. Tapi karena menggenggam pisang, monyet2 itu tidak bisa menarik keluar tangannya.

 

Selama mempertahankan pisang itu, selama itu dia terjebak. Toples itu terlalu berat diangkat. Jadi monyet2 itu tak dapat pergi ke-mana2. Mungkin kita tertawa melihat tingkah bodoh monyet2 itu. Tanpa sadar, kita mungkin menertawakan diri kita. Ya kadang kita bersikap seperti monyet2 itu. Kita genggam erat tiap permasalahan yang kita hadapi, layaknya monyet menggenggam pisang.

 

Kita sering simpan dendam, tak mudah memberi maaf, tak mudah mengampuni. Mulut berkata ikhlas, tapi bara marah masih ada. Kita tak pernah bisa melepasnya. Bahkan kita bertindak bodoh, membawa “toples2” itu kemana pun pergi. Dengan beban berat itu, kita terus berjalan. Tanpa sadar, kita terperangkap penyakit kepahitan akut

 

Monyet2 itu bisa selamat, jika mau buka genggaman tangannya, dan kitapun selamat dari sakit hati, jika sebelum matahari terbenam, kita mau melepaskan perasaan negative terhadap siapapun.

 

Nabi Nuhamad SAW bersabda : Allah tidak menambah seorang lelaki yang pemaaf, kecuali kemuliaannya–HR Sunan At Tirmidzi.- (Ir Hanny Guzman zakaria MM-Motivator dan penulis Buku 7 Mukjizat Finansial-www,sekolahBisnis.net; Managementhgz)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.kompasiana.com/managementhgz/belajar-dari-cara-berburu-monyet_5529d9ce6ea834f44e552d17 )-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close