RSS Feed     Twitter     Facebook

Cara masak agar menjaga kandungan alami gizinya

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Cara masak agar menjaga kandungan alami gizinya

Tujuan makan adalah untuk mendapatkan gizi seimbang. Sehingga mengamankan kandungan gizinya, maka kompas.com menjelaskan :  Bahan makanan bergizi bisa hilang nutrisinya jika keliru memesaknya.  Gizi alami berperan penting dalam sistem imun tubuh karena lebih mudah diserap tubuh.

 

“Pengolahan makanan memengaruhi kandungan gizinya. Misal protein dalam suhu tinggi bisa rusak,” kata dr.Diana F.Suganda, MKes, SpGK, di acara media diskusi di Jakarta (23/10/17). Proses pengolahan protein, misalnya ayam, telur, atau ikan, Dia rekomendasikan direbus, kukus, tumis, pepes, atau panggang. Dibuat sup juga disarankan.

 

Cara pemasakan yang mengurangi nilai gizi makanan itu penggorengan bersuhu tinggi. “Jika digoreng, jangan deep fried dengan minyak banyak, tapi pakai minyak hanya untuk melumuri wajan, lalu sesekali dibalik agar matangnya merata,” kata dokter dari RSIA Asih Jakarta ini.

 

Penggunaan minyak zaitun atau minyak jagung jangan dipanaskan. “Hanya untuk menumis atau dituangkan terakhir saat selesai menumis dan dicampurkan dalam salad,” ucap Diana. Minyak yang berlemak baik : Minyak canola, jagung, atau zaitun, akan berubah menjadi lemak jenuh jika dipanaskan.

 

Dia rekomendasikan agar sayuran tidak direbus sampai matang agar kandungan vitaminnya tidak larut di air. “Tak semua makanan tidak boleh dikonsumsi matang. Tergantung jenisnya. Misalnya telur setengah matang, kalau kondisi tubuh tidak fit justru bisa menyebabkan penyakit karena mungkin mengandung bakteri,” katanya. (Lusia Kus Anna)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/24/120000420/cara-memasak-untuk-menjaga-kandungan-gizi-alami-makanan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*