RSS Feed     Twitter     Facebook

Diet tinggi serat turunkan beraat badan

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Diet tinggi serat turunkan beraat badan

Berat badan berlebih tentu umumnya dalam jangka waktu tertentu jadi bermasalah, Untuk itu marilah kita ikuti penjelasan kompas.com bertalian bobot tubuh : Ada macam2 jenis diet menurunkan berat badan. Salah satu diet yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat : Diet tinggi serat.

 

Serat itu karbohidrat pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji2an.  Tidak seperti karbohidrat lain, serat tak mudah dipecah dan dicerna tubuh. Karena itu, serat akan menggelontor dan melancarkan sistem percernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

 

Jadi serat umumnya membantu menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, dan mengatasi masalah2 pencernaan. Serat terbagi dua : Serat larut dan tidak larut. Berikut perbedaannya.

 

1-Serat tidak larut

Serat tak larut tidak bisa larut dalam cairan. Serat ini berfungsi membantu mencegah sembelit. Biasanya, serat jenis ini ditemukan di biji2an, sereal gandum, dan sayuran seperti wortel, seledri, serta tomat.

 

2-Serat Larut

Serat yang larut dalam air akan menyerap cairan sehingga wujudnya akan mengental dalam pencernaan Anda. Serat ini mengendalikan kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol. Serat jenis ini bisa ditemukan pada bubur gandum, kacang2an, apel, buah beri, serta pir.

 

Serat menurunkan berat badan?

Pada dasarnya, Serat mengurangi berat badan dengan cara membuat kita kenyang tanpa memakan banyak kalori. Serat merangsang reseptor memberi tahu otak bahwa waktunya berhenti makan. Serat tidak bekerja sendirian, serat butuh asupan air cukup agar bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi air juga membantu melawan rasa lapar.

 

Jika Anda berencana diet tinggi serat, lakukan bertahap. Hal ini agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Perut terasa kurang nyaman, kram, diare bisa menjadi efek samping jika Anda berdiet berlebihan.

Hasul Studi American Heart Association :

 

Orang yang memperbanyak porsi makanan berserat tanpa mengurangi porsi makanan lain, kehilangan berat badan sebanyak orang yang diet rendah lemak. Dari studi itu disimpulkan yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung bobot tubuhnya yang lebih sehat.

 

Makanaan tinggi serat

Dalam diet tinggi serat, harus mengonsumsi makanan tinggi serat sesuai ketentuan. Wanita di bawah (50) disarankan mengonsumsi paling tidak 25 gram serat/hari. Pria butuh lebih banyak serat, yaitu sekitar 38 gram/hari. Pilih makanan paling alami dan tidak melewati banyak proses olahan, maka akan makin tinggi seratnya.

 

Semua buah dan sayur mengandung serat, kebanyakan serat terkandung dikulitnya. Itu berarti makan apel, pir, anggur, dan jambu dengan kulitnya lebih baik. Dengan syarat Anda membersihkan dan cuci buah sampai bersih. Berikut jenis2 makanan untuk diet tinggi serat:

 

1-Biji-bijian dan gandum seperti bubur gandum (oatmeal), kuaci, dan chia seed

2-Roti, terutama jenis roti gandum

3-Buah-buahan seperti pir, raspberry, blackberry, dan pisang

4-Sayuran seperti brokoli, wortel, dan sawi

 

Manfaat diet tinggi serat

Selain terbukti menurunkan berat badan, ada keuntungan lain dari diet tinggi serat, di antaranya:

 

a-Menjaga kesehatan Usus

Serat yang terkandung di makanan meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Jika makanan yang dikonsumsi membuat feses lebih cair, serat membantu memadatkan karena serat menyerap banyak air. Diet tinggi serat menurunkan risiko wasir dan penyakit di usus besar.

 

b-Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang2an serta gandum membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Makanan berserat tinggi baik untuk kesehatan jantung lain, seperti mengurangi tekanan darah dan pembengkakan jantung.

 

c-Kendalikan kadar gula darah

Serat larut membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula. Diet sehat yang mencakup serat yang tidak larut mengurangi risiko diabetes tipe 2.  (Wisnubrata; Hello sehat)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/30/164603620/diet-tinggi-serat-cara-sehat-turunkan-berat-badan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*