Iptek dan Lingk. Hidup

Ditargetkan 4G tersedia di Kota dan Kabupateen

4G tentu anda  telah menggunakannya atau minimal mengenalnya bahwa ada jaringan komunikasi yang lebih canggih. Seperti diuraikan pada kompas.com, jaringan ini makin dikembangkan.  Menkominfo Rudiantara menargetkan 4G tersedia di kota-kabupaten seluruh Indonesia (2019).

 

Pada saat itu, pembangunan proyek Palapa Ring, tulang punggung serat optik nasional direncanakan rampung. “Palapa Ring selesai 2019. Itu baru Palapa Ring, belum 4G. Tahun 2019 itu harus sampai, setidaknya di kota/kabupaten” kata Rudiantara di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat (13/12/17).

 

Dia jelaskan, penyelesaian proyek ini mendesak karena banyak kawasan yang belum terhubung internet. Ada 80.000 dari total 226.000 bangunan SD, SMP, dan SMA yang belum punya jaringan internet.

“Sekolah2 kebanyakan menggunakan untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Hanya di ujungnya, untuk proses belajar mengajarnya belum”.

 

Selain institusi pendidikan, puskesmas2 didapati sekitar 3.000 dari total 10.000 yang belum terhubung dengan internet. Belum lagi dengan institusi lain di bawah Polri dan TNI, seperti Polsek dan Koramil hingga kantor desa masih banyak yang belum dapat jaringan internet.

 

Ketika Palapa Ring ini selesai, diharapkan Indonesia bisa meningkatkan kualitas hidup warganya ke level lebih tinggi lagi. Untuk dunia pendidikan, pihak sekolah bisa lebih mudah memublikasikan ke dunia jika ada penemuan atau prestasi anak didiknya via internet. (Andri Donnal Putera; Bambang Priyo Jatmiko)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/13/110800426/2019-jaringan-4g-ditargetkan-tersedia-di-seluruh-kota-dan-kabupaten-di)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close