Aku cinta Indonesia

e-Samsat dan Sipolin solusi praktis bayar pajak

Tentunya makin maju teknologi akan memudahkan masyarakat, seperti saya kutip dari kompas.com berikut ini : Dulu, bayar pajak kendaraan bermotor (pkb) dianggap sulit. Proses panjang, sering makan waktu dan tenaga. Wajib pajak mesti mengorbankan waktu kerja, bolak-balik ke kantor Samsat induk.

 

Kendala ini jadi alasan abai bayar pajak. Di satu sisi pkb jadi penyumbang terbesar pendapatan daerah. Krena itu, Jabar berupaya meningkatkan pendapatan daerah, dengan tujuan menunjang pembangunan. Untuk menangani masalah ini, Bapenda Jabar bekerja sama dengan Polda Jabar dan Jasa Raharja sebagai Tim Pembina Samsat, membuat solusi menciptakan 8 inovasi layanan.

 

Jadi memudahkan proses pembayaran pkb tahunan. 8 inovasi itu meliputi E-Samsat, Sipolin, T-Samsat, Samling, Samdong, Samsat Outlet, Samsat Drivethru, dan Samades. Inovasi berbasis IT ini diharapkan masyarakat bebas pergi ke mana pun, karena selalu tertib bayar pkb. Karena itu, tajuk pesan kampanye sosialisasi 2017 dalam ke-8 layanan inovatif ini  “Bebas Bergerak”.

 

Inovasi layanan ini membuat masyarakat tak perlu antre panjang, mengorbankan waktu kerja, atau jauh datang ke Samsat induk saat bayar pajak. Dengan layanan ini masyarakat bisa bayar online melalui aplikasi di Android atau jaringan ATM. Dua produk layanan unggulan yang disosialisasikan Bapenda Jabar dan Tim Pembina Samsat: e-Samsat dan Sipolin. Sistem kerja dua layanan itu

 

  1. E-Samsat

E-Samsat atau Elektronik Samsat, layanan pembayaran pkb dan pengesahan STNK dengan bayar melalui ATM Bank yang bekerja sama di Indonesia. Yaitu bank bjb, Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, CIMB Niaga.

Dengan layanan ini, masyarakat bayar pkb dapat dilakukan di 64.000 jaringan ATM di Indonesia.

 

Mekanismenya mudah, cukup ke ATM. Masyarakat yang ingin membayar pkb melalui E-Samsat salah satunya nomor KTP pemilik kendaraan yang terdaftar di server Samsat, harus sama dengan yang tercantum di rekening bank.

 

  1. Sipolin

Sipolin/Sistem Informasi Pajak Online ini inovasi dari Tim Pembina Samsat Jabar menjawab tantangan TI dan kebutuhan masyarakat, memudahkan mengetahui info berkaitan pkb, sekaligus melunasinya.

 

Sipolin ini aplikasi khusus perangkat mobile berbasis android. Masyarakat tinggal unduh aplikasi ini di Google Playstore, ikuti instruksi yang tercantum. Sebagai informasi, peluncuran aplikasi ini diresmikan oleh Gubernur Jabar. Aplikasi Sipolin ini memiliki manfaat :

 

  1. Melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor
  2. Melakukan pendaftaran online
  3. Pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online
  4. Informasi lokasi kantor Samsat se Jawa Barat.

 

Infolengkap mengenai inovasi layanan pkb dengan mengunjungi situs www.bapenda.jabarprov.go.id.

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://biz.kompas.com/read/2017/12/13/130239628/e-samsat-dan-sipolin-solusi-praktis-bayar-pajak-kendaraan-bermotor)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close