Iptek dan Lingk. Hidup

Erupsi Vulkanik Gunung Agung dinginkan bumi

Makin tingginya pemanasan Global membuat kita makin was2. Namun dari merdeka.com ada berita menyejukkan sebagai berikut : Kita ketahui  gunung berapi (gunung Agung) meletus. Fenomena alam ini juga jadi perhatian dunia. Dilansir Mashable, letusan G. Agung ini menurunkan temperatur Bumi.

 

Hal ini diungkap Alan Robock, ahli lingkungan dari Rutgers University tentang letusan gunung api mempengaruhi iklim Bumi. Pendinginan suhu Bumi ini karena semburan gas sulfur dioksida ke atas awan. Gas ini tak terlihat, unsur kimiawi dari sulfur dioksida dan semburan sejauh 19-20 km ke angkasa-lah yang menyebabkan suhu mendingin.

 

Jika gas ini sampai lapisan stratosfer dari atmoosfer, sulfur dioksida bereaksi dengan air menghasilkan tetesan yang mengendap di angkasa. Tetesan ini berada di atas sana 1-2 tahun. Nah jika sinar matahari masuk ke Bumi dan terhalau tetesan ini, sebagian besar energi terpantul lagi ke luar atmosfer, menyebabkan penurunan temperatur Bumi signifikan.

 

Tak semua letusan gunung semburkan sulfur dioksida. Mayyoritas erupsi melontarkan abu vulkanik ke angkasa, tak menyemburkan gas sulfur dioksida hingga tak menimbulkan penurunan suhu. G. Agung, menurut Robock, menyemburkan gas serupa dan berjumlah masif, pada erupsi 1963. (Idc; Indra Cahya)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/teknologi/pakar-lingkungan-erupsi-vulkanik-gunung-agung-berjasa-dinginkan-bumi.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close