TELKOMGrup dan SEKAR

Internet 4G lebih cepat dan Telkomsel tidak naikkan tarif

Tarifnya relative bersaing, namun kualitas hubungannya tidak diragukan lagi. Itulah Telkomsel  yang kini menjanjikan 4G lebih cepat dengan tarif tidak naik. Demikian sajian kompas.com berikut ini :

 

Jaringan internet 4G LTE Telkomsel akan makin cepat, dan streaming video tanpa buffering. Ini berkat implementasi pita frekuensi 30 MHz di spectrum 2,3 GHz berbasis teknologi Time Division Duplex (TDD). Frekuensi ini dimenangkan Telkomsel lewat mekanisme tender Oktober 2017.

 

Operator pelat merah ini gelontorkan Rp 1,007T atau 2x lipat di atas harga dasar yang ditetapkan Kemenkominfo, demi menambah spektrum. Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah, menegaskan penerapan jaringan LTE-TDD tak serta-merta berimplikasi kenaikan tarif internet.

 

Pemanfaatan LTE-TDD ini lebih efisien dari segi belanja modal alias capex untuk jangka panjang. Ujar Ririiek di konferensi pers,  (28/11/17), di Telkomsel Smart Office, Jakarta. “Untuk menambah kapasitas yang sama kita lebih murah (dengan LTE-TDD 2,3 GHz) dibanding sebelumnya. Spending capex yang sama kita dapat kapasitas lebih besar karena spektrumnya longgar” ia menjelaskan.

 

Internet cepat menstimulasi peningkatan konsumsi data pelanggan. Ririek berdalih belum menghitung potensi kenaikannya, jika merujuk ke rekam jejak perpindahan dari 3G ke 4G kira2 bisa 20-30%.

Tap tahun Telkomsel menaikkan trafik internet rata2 120%. Ke depan, Ririek melihat potensi pertumbuhan positif berkat layanan lebih baik dan penetrasi smartphone makin gencar.

 

Langkah awal, Telkomsel bakal bangun 500 BTS berbasis LTE-TDD di Jabodetabek, Bandung, dan Palembang hingga akhir 2017. Lanjut Telkomsel membangun pula di kota2 lain yang butuh penambahan kapasitas.

 

Secara umum, pengantaran jaringan internet maksimal alias peak throughput dengan LTE-TDD yang mengeksploitasi penggabungan frekuensi atau carrier aggregation bisa meningkatkan kecepatan hingga 2,5 kali lipat dibanding LTE-FDD yang kini dipakai. (Fatimah Kartini Bohang; Reza Wahyudi)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://tekno.kompas.com/read/2017/11/29/09230017/internet-4g-bakal-lebih-cepat-telkomsel-jamin-tarif-tidak-naik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close