RSS Feed     Twitter     Facebook

Jonan naik Vespa dan bersihkan Masjid

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Jonan naik Vespa dan bersihkan Masjid

Betapa sejuknya suasana jika toleransi tumbuh di mana2, seperti disajikan oleh financedetik.com ini yang patut kita pertimbangkan untuk ditiru : Menteri ESDM, Ignasius Jonan bersama pemuda2 berkendara menggunakan motor Vespa di Jakarta. Jonan ikut aksi membersihkan masjid.

Para pemuda itu tergabung dalam Pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) serta pemuda lintas agama lain : Generasi Muda Budha Indonesia (GEMA BUDHI), Pemuda Katolik Indonesia dan Pemuda Kristen Indonesia, berkegiatan bersih2 rumah ibadah.

Bulan lalu Jonan membersihkan gereja dan kali ini giliran membersihkan masjid Jamiyatul Ilmi di Menteng Pulo, Jaksel. Kegiatan rutin periodik setiap bulan ini sebagai bukti keberagaman juga sebagai wujud toleransi menghilangkan pembatas antar umat beragama.

 

“Acara bersih2 rumah ibadah ini juga semangat gotong-royong milik bangsa yang penting dan ¬†menghapus / mengurangi se-kurang2nya sekat2 agama, suku, ini kerja sama2 membersihkan rumah ibadah dan saya mengapresiasi kegiatan yang dinisiasi pemuda Muhammadiyah ini,” ujar Jonan usai membersihkan tempat wudhu Masjid Jamiyatul Ilmu di Menteng Pulo (17/9/17).

Jonan menambahkan, bersih2 rumah ibadah masjid, gereja dan vihara ini wujud semangat gotong royong dan semangat persatuan masyarakat dan bangsa terutama pemuda sebagai generasi muda.

“Keberagaman itu bagian dari bangsa ini sejak kita sepakat merdeka (1945) dari Sabang-Merauke. Wong sukunya beda banyak dsb, agamanya juga beda2, itu tidak perlu dipertentangkan itu urusan pribadi masing2. Yang bisa kita kerjakan bersama untuk masyarakat dan negara itu paling penting,” ungkapnya.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan kegiatan bersih2 ini agenda rutin bulanan pemuda lintas agama menumbuhkan persaudaraan antar umat beragama.

“Kita bersihkan rumah ibadah bergantian, bulan lalu gereja, kini Masjdi dan bulan depan Vihara bergantian, jadi seluruh komunitas agama, anak2 muda lintas agama bareng2 bersihin masjid, vihara dan gereja. Dalam proses bersih2 itu juga ada dialog antara satu dengan yang lain sehingga ada mutual understanding tumbuh rasa persaudaraan antara satu dengan yang lain,”ujar Dahnil.

Pesan yang ingin disampaikan adalah cara menumbuhkan toleransi otentik. “Toleransi itu outentik, toleransi itu engga boleh pura2, jadi menghormati itu engga boleh pura2, apalagi toleransinya politik yang penuh dengan ke-pura2an,” lanjut Dahnil yang disapa Anin ini.

Usai membersihkan masjid, Jonan berkesempatan menanam pohon disekitar area masjid dan melayani pemberian makan gratis bagi dhuafa. (mkj/mkj; Michael Agustinus)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://finance.detik.com/sosok/d-3647001/aksi-jonan-naik-vespa-dan-bersihkan-masjid-di-jakarta)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*