RSS Feed     Twitter     Facebook

Pulau ini jadi Peternakan Sapi terbesar di Indonesia

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:

Sapi selain banyak manfaatnya bagi manusia juga sebagai salah satu sarana ibadah untuk Qurban. Berikut dikutip dikutip dari kompas.com tentang rencana pengembangan peternakan sapi. Pemerintah Kab-, Provinsi Kepri, berencana membuat pulau karantima untuk menekan impor sapi dari Australia.

 

Lokasi karantina itu akan ditempatkan di P.Bakung. “Saatnya Lingga maju, dijadikannya Pulau Bakung karantina didasari kajian ilmiah dari Fakultas Peternakan UGM yang menyatakan daya dukung lahan penyediaan hijauan pakan dan pasokan air bersih memadai” kata Bupati Lingga, Alias Wello (7/12/17).

 

Menuurut Awe, sapaannya, P.Bakung luasnya 5.716 ha dan geografis strategis, di lintasan pelayaran domestik dan internasional. “Berbatasan Kota Batam, Singapura, dan Malaysia ini keunggulan komparatif P. Bakung. Berdasar keterangan Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjungpinang, alur pelayaran di perairan P. Bakung dalamnya 18 mt dan layak disinggahi kapal2 besar pengangkut sapi”.

 

Hal senada diungkap Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Firman Soebagyo, bahwa ketergantungan impor sapi dari Australia bisa dilepas jika Indonesia berani membangun pulau karantina sebagaimana diamanahkan oleh UU No. 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

 

“Kalau pemerintah tidak berani membangun pulau karantina, maka kita tidak terbebas ¬†ketergantungan impor sapi dari Australia,” kata Firman¬†di Batam. Anggota Komisi IV DPR RI dari pemilihan Jateng ini mengaku salut dan apresiasi ke Bupati Lingga Alias Wello telah memprakarsai pembangunan pulau karantina di Pulau Bakung : Desa Pasir Panjang dan Tanjung Kelit, Kec-Senayang, demi bangsa.

 

Menurut Firman, pulau karantina ini berperan menampung sapi impor dari zona dengan harga murah untuk dilakukan tindakan karantina. Kabupaten Lingga di ujung paling selatan Kepri memiliki 604 pulau besar dan kecil. Sebanyak 98 pulau di antaranya berpenghuni dan sisanya 506 pulau kosong. (Hadi Maulana; Ervin Hutapea)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://regional.kompas.com/read/2017/12/07/13114811/kurangi-impor-sapi-pulau-ini-akan-jadi-peternakan-sapi-terbesar-di-indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*