Kesehatan

Sekali waktu boleh Absen OR

Kita harus rutin ber-OR tiap hari?, menurut healthdetik.com begini aturannya : Aktivitas fisik teratur  dibutuhkan untuk jaga kebugaran tubuh. Absen OR diperbolehkan untuk alasan seperti sakit atau dalam masa pemulihan.

Sibuk bukan alasan tepat meninggalkan rutinitas ber-OR. Bahkan di sela2 beraktivitas, curi2i waktu ber-OR ringan sangat memungkinkan. Naik turun tangga di gedung perkantoran bisa dianggap OR. Ada kalanya, yang butuh mengistirahatkan secara fisik. Untuk alasan2 ini, rehat sejenak bisa dimaklumi.
1-Nyeri Otot
Sehabis OR wajar jika otot nyeri dan pegal2. Sampai pada titik tertentu, kondisi ini dianggap wajar dan bukan alasan untuk absen ber-OR. Jika nyeri yang dirasakan membuat otot sulit digerakkan, itu tandanya butuh waktu pemulihan. Jangan dilawan!

2-Usai melahirkan
Dianjurkan tidak buru2 beraktivitas fisik berat sehabis melahirkan. Yang melahirkan aesar, tunggu dulu hingga 6 pekan agar benar2 pulih dari luka. OR dianggap aman saat risiko perdarahan tidak ada.

 

3-Se hari2 sangat aktif
OR bentuk aktivitas fisik yang dibutuhkan menjaga kebugaran tubuh. Bukan satu2nya. Aktivitas fisik lain, jalan2 di taman, mencuci mobil, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa disetarakan OR jika  intensitasnya cukup tinggi.

 

4-Cedera
Jika nyeri masih bisa ditahan, maka cedera wajibjadi perhatian. Memaksakan diri saat kaki terkilir akan membuat kondisi makin buruk. Juga saat mengalami patah tulang atau pingsan, sebaiknya beri waktu bagi tubuh memulihkan diri sebelum melakukan olahraga.

 

5-Kurang tidur
Tidur dan OR butuh keseimbangan. OR butuh konsentrasi, tidur itu cara untuk menjaga otak agar bisa  fokus. Beraktivitas fisik saat kurang tidur itu malapetaka. Kurang fokus sangat rentan memicu cedera.

 

Sakit
Di musim hujan, flu mudah menjangkit. Jika terjangkit, dianjurkan kurangi aktivitas fisik agar tubuh cukup energi memulihkan diri. Mengunjungi pusat2 kebugaran dalam kondisi terinfeksi flu berisiko menulari pengunjung lain. (Up/Up; AN Uyung Pramudiarja)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://health.detik.com/read/2016/03/01/083715/3154375/763/khusus-untuk-alasan-berikut-ini-sekali-waktu-boleh-saja-absen-olahraga)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close