Kesehatan

Sex penyebab utama penularan HIV

Berpenyakit apapun itu sangat merepotkan, karena kenalillah hal2 berikut ini seperti diuraikan oleh health.detik.com : Aktivitas seksual penyebab utama kasus HIV (Human Imunodeficiency Virus). Ini dari data Ditjen P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Kemenkes (2017).

Ada cara2 penularan HIV, dari hubungan seks yang tak aman, transfusi darah yang kena HIV, dan dari ibu yang terinfeksi HIV pada janin/bayi pada kehamilan, ketika melahirkan atau menyusui. Tapi penyebab utama kasus HIV di Indonesia itu aktivitas seksual yang berisiko.

Laporan perkembangan HIV-AIDS Ditjen P2PL, Triw-II/2017, kumulatif kasus HIV hingga Juni 2017 yang dilaporkan 255.527 orang. Sebanyak 72.4% dari kejadian HIV karena aktivitas seksual yang berisiko. “Yang rentan orang yang berisiko karena pasangannya dan perilaku seksnya,” ungkap dr Wiendra Waworuntu, M. Kes Direktur P2PL saat Press Conference memperingati Hari AIDS Sedunia 2017.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa penularan HIV se-mata2 karena aktivitas seksual di luar nikah. Padahal bukan hanya karena sifat hubungan seksual itu, tapi kondisi hubungan seksual di mana salah satu dari pasangan mengidap HIV.

“Jika pasangan tidak terinfeksi HIV, tidak ada risiko penularan. Jadi ikutilah petunjuk seks yang aman agar tidak terjadi penularan HIV,” tutup dr Wiendra. (up/up; Azmy Cahya Rahmadhaniar)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://health.detik.com/read/2017/11/27/180241/3745532/763/aktivitas-seksual-jadi-penyebab-utama-penularan-hiv-di-indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close