RSS Feed     Twitter     Facebook

Bendungan Way Sekampung menambah air cadangan Lampung

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 17 views    Font size:
Bendungan Way Sekampung menambah air cadangan Lampung

Banjir dan kekurangan air rasanya doeloe jadi langganan masyarakat. Kini ada harapan bahwa masalah tersebut akan berkurang. Cobalah ikuti cuplikan dari beritasatu.com ini

 

Kemen-PUPR menargetkan pembangunan 65 bendungan pada periode 2015-2019, yang terdiri dari pembangunan 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru. Menteri PUPR, Basuki (26/1), mengatakan, pembangunan bendungan di daerah2 untuk mendukung Nawa Cita Pemerintah mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional.

 

Salah satu yang baru dan dikerjakan : Bendungan Way Sekampung (Sukoharjo) di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Bendungan berbiaya Rp 1,7 triliun ini berkapasitas tampung 68 juta m3 yang akan memberikan pasokan air irigasi 72.707 hektar, potensi listrik 5,4 MW dan mereduksi banjir 185 m3/detik.

 

Bendungan juga akan menyediakan air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2,48 m3/detik dan menjadi obyek wisata di Kabupaten Pringsewu.

 

Basuki mengatakan, selesainya bendungan ini akan diikuti pembangunan jaringan irigasi premium yakni irigasi yang mendapat suplai air dari bendungan. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya mahal dipastikan bisa mengalirkan air hingga ke sawah-sawah petani.

 

Kepala Pusat Bendungan Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kemen-PUPR, Ni Made Sumiarsih, mengatakan, pengerjaan bendungan dimulai 2016 dan ditargetkan selesai 2020. Namun dengan penambahan shift menjadi 2-3 shift kerja dan penambahan alat, diupayakan selesai lebih cepat.

 

“Data terakhir, progres pembangunan 14,5%, deviasi 0,96% atau lebih cepat 1% dibanding rencana awal yang 13,53%,” kata Ni Made Sumiarsih. Pengerjaan dilakukan 2 kontraktor, yakni PT PP dengan nilai kontrak Rp 873M, dan PT Waskita bernilai kontrak Rp 829M.

 

Pada tahun 2018, akan dibangun bendungan lain, yakni Bendungan Marga III di Lampung Timur yang ber kapasitas 60 juta m3 dan dikerjakan kontraktor PT Waskita Karya dengan kontrak Rp 813M. (Siprianus Edi Hardum / EHD; Sumber: Suara Pembaruan

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.beritasatu.com/ekonomi/475340-bendungan-way-sekampung-akan-tambah-cadangan-air-di-lampung.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code