Iptek dan Lingk. Hidup

Fasilitas terbaru bagi penumpang KA

Sejak Dirtu PTKAI dijabat Ignatius Jonan, Perusahaan BUMN ini terus menggeliat makin maju menambah kenyamanan penumpang. Lihatlah cuplikan dari news.detik.com berikut ini (berita terlambat) :

 

PT KAI menutup tahun 2017 dengan menyelesaikan Angkutan Natal & Tahun Baru, mengangkut 4,85 juta penumpang. Selain itu, KAI dapat melaksanakan hajatan besar tahunan ini dengan predikat zero accident yang artinya operasional KA berjalan selamat, aman, lancar, dan terkendali.

“Kami ucapkan terima kasih pada pengguna jasa KA, pemerintah (KemenBUMN, KemenHub, TNI, POLRI), dan anggota komunitas pencinta KA yang mendukung operasional KA pada masa angkutan Nataru 2017/2018 hingga selamat, aman, dan lancar,” ujar Dirut KAI Edi Sukmoro tertulis (11/1/18).

Sepanjang 2017, KAI menghadirkan perubahan2 layanan angkutan penumpangnya. Di antaranya, KAI melengkapi seat penumpang dengan info dan panduan keselamatan perjalanan. KAI juga memasang CCTV di rangkaian KA mendukung keamanan-kenyamanan penumpang. Selain itu, di beberapa KA baru  diterapkan ‘night mode’ yakni lampu dalam KA akan diredupkan saat perjalanan malam.

KAI juga menyediakan fasilitas lampu baca jika penumpang ingin beraktivitas misal membaca. Selain itu ada perubahan2 lain yang dilakukan KAI meningkatkan layanan penumpangnya, apa saja?
Pada 12/2/17, KAI menetapkan aturan bagi penumpang yang mengandung. Bagi penumpang ibu hamil diijinkan melakukan perjalanan KA dengan usia kandungan 14-28 minggu.

 

Jika usia kandungan di luar dari 14-28 minggu, penumpang yang mengandung wajib bawa surat keterangan dari dokter kandungan. Pada 22/4/17, KAI meresmikan Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu, Yogya.

 

Anggrek Executive Lounge itu ruang tunggu VIP dengan fasilitas wifi, snack, serta makan dan minum  sistem all you can eat, ruang merokok, ruang tunggu VVIP, mushala, dan toilet untuk memberi kenyamanan lebih pada penumpang KA. Masih di bulan yang sama, PT KAI meresmikan Gerai Pojok UMKM di Stasiun Gambir, Jakarta yang berlanjut di stasiun2 di wilayah KAI lainnya.

Selain memudahkan penumpang memenuhi kebutuhannya seperti makanan, minuman, dan layanan lain, gerai ini membantu pelaku UMKM memasarkan hasil produksinya tapi yang terutama

Pada Angkutan Lebaran 2017, KAI meluncurkan KA ekonomi Premium. KA-KA Ekonomi Premium ini terdiri 8 kereta dengan kapasitas masing2 80 seat dan 2 unit kereta premium untuk penumpang difabel, kapasitas 64 seat di tiap KA, sehingga kapasitas tiap satu kali perjalanan adalah 768 seat. Tempat duduknya reclining, tersedia 4 TV tiap kereta, dan interior kereta makan dengan desain mini bar.

Selaras kemajuan teknologi informasi, KAI melaunching All New KAI Access dan tampilan website kai.id pada 28/9/17. website kai.id, selain tampilan baru, KAI Access ini dilengkapi menu ‘Train’ untuk pemesanan tiket dan menu ‘Meals’ yakni fitur layanan pesan preorder menu makanan restorasi KA.

Ke depan  dilengkapi ‘e-Moda’ yaitu fitur layanan tambahan preorder jasa antar ke stasiun dan jemput di stasiun menggunakan moda transportasi lain dan ‘Porter’ yakni fitur layanan tambahan preorder jasa angkut barang/bagasi oleh petugas porter stasiun.  Menariknya, masih ada fitur2 pendukung seperti:

– My Trips  : Riwayat pemesanan tiket kereta
– Deals : Berisi info promo-promo menarik terkait kereta api
– Remind Me  : Fitur pengingat perjalanan yang bisa disetting (10-60 menit) sebelum keberangkatan KA
– Location : Fitur untuk mengetahui lokasi terkini dari kereta yang dinaiki oleh penumpang

– e-Magazine : Majalah elektronik berisi berita seputar KA untuk menemani perjalanan penumpang
– Chat with Loko : Si Loko hadir untuk menemani Anda sebagai assistant pribadi penumpang

KAI resmi merilis e-boarding pass melalui aplikasi KAI Access versi baru pada 2/10/17. Boarding pass elektronik ini membuat proses pelayanan penumpang di stasiun keberangkatan jadi makin praktis.
Tiap penumpang yang ingin menggunakan fasilitas ini wajib mengunduh aplikasi KAI Access dulu di smartphone dan pemesanan tiket melalui aplikasi tersebut.

“Penumpang tidak antri check-in dan cetak boarding pass. Penumpang cukup menscan barcode boarding pass pada aplikasi KAI Access di smartphone penumpang saat pemeriksaan boarding gate dan tetap menunjukkan kartu identitas sesuai data pada tiket” jelas Edi (ega/nwy; Mega Putra Ratya)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://news.detik.com/berita/d-3809506/fasilitas-baru-untuk-penumpang-kereta-cctv-hingga-e-boarding-pass?_ga=2.87264728.1707717911.1509614289-779714952.1504977395)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close