RSS Feed     Twitter     Facebook

Kapal Selam dikendalikan Stick Xbox

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 5 views    Font size:
Kapal Selam dikendalikan Stick Xbox

Mengintip kemajuan teknologi dari luar negeri khususnya Negara maju, perlu kita lakukan , untuk memotivasi kita bisa meningkatkan kinerja kita sekecil apapun. Yuk kita ikuti cuplikan dari Kompas.com berikut ini : Kapal selam biasanya dilengkapi periskop dan alat kendali lain.

 

Peralatan itu bakan tak ditemukan lagi kapal selam AL-AS generasi baru. September 2017, AL-AS mengganti periskop pada sejumlah kapal selam nuklirnya dengan perangkat lebih modern dan canggih. Uniknya, periskop itu dikendalikan dengan joystick milik konsol Xbox 360.

 

Periskop nuklir AL AS ini diganti 2 tiang photonik yang dapat berputar 360°. Tiang ini dilengkapi kamera beresolusi tinggi. Tidak seperti periskop konvensional yang citranya dapat dilihat satu orang, citra yang ditangkap tiang photonik dapat ditampilkan di monitor besar, sehingga dapat dilihat banyak orang.

 

Sebelumnya, tiang photonik sejumlah kapal selam AS dioperasikan dengan joystik layaknya tuas kendali helikopter. Meski tergolong canggih, joystik dinilai merepotkan. Karena itu Angkatan Laut AS mulai pakai pengontrol Xbox 360 yang bisa digenggam 2 tangan, mengoperasikan periskop canggihnya. Keterangan yang dikutip KompasTekno dari Geek Wire (3/1/17), joystick Xbox 360 di kapal selam dinilai lebih murah.

 

Produsen kapal selam, Lockheed Martin menjabarkan pengendali joystik sejenis photonic mast hand grip dan imaging control panel dibanderol 38.000 dollar AS (Rp 512 juta). Kontroler Xbox kurang dari 30 dollar AS (Rp 400.000-an) . Inovasi oleh AL-AS tidak akan berhenti sampai di sini. Ke depannya, AL-AS dan Lockheed Martin berupaya menempatkan teknologi yang familiar pada awak kapal.

 

Tujuannya mengembangkan teknologi sehingga orang muda nyaman. Contohnya mengoperasikan kerja kapal selam dengan layar sentuh. (Rizky Chandra Septania; Reska K Nistanto; Geekwire)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://tekno.kompas.com/read/2018/01/03/17120047/kapal-selam-nuklir-as-dikendalikan-pakai-stick-xbox)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply