Selingan

Kucing perlu mandi atau takut?(2/2)

Kalau seri sebelumnya kiriman tulisan pak SSA, kini saya coba sajikan dari cuplikan sumber lain yaitu tanyadokterhewan.com, monggo :  Kucing takut air? Kita sering dengardan mungkin Anda tahu. Kenapa kucing takut air? Apakah kucing tak butuh mandi? Padahal mereka peliharaan yang dekat dengan kita.

 

Mandi atau grooming pada kucing tak perlu sering dilakukan. Ini karena kucing biasa self grooming (membersihkan dirinya). Kucing menikmati proses self grooming, karena dia suka menjaga kebersihan. Self grooming kucing didukung anatomi lidahnya yang berduri. Bentuk lidah ini membuat rambut rontok dan kotoran terangkat.

 

Mandi untuk sebagian kucing itu hal yang membuat stress, merasa terkekang, tidak bebas. Tak jarang saat kucing ingin dimandikan kucing jadi agresif dan sangat ketakutan.

 

Ada 4 alasan membuat kucing harus dimandikan

1-Kucing rambut panjang

 

Kucing berambut panjang (Persia) perlu dimandikan berkala. Biasanya kucing Persia jadi kucing indoor jadi gak terlalu kotor. Kadang rambutnya yang panjang jadi gimbal. Pada kondisi ini kucing perlu dimandikan. Mandi berkala tiap 1 bulan 1x atau 1 bulan 2x disertai menyisir rambut tiap hari dapat mengurangi gimbal pada rambut kucing.

 

2-Kucing Outdoor

Kucing bergaya hidup outdoor berinteraksi dengan lingkungan lebih sering disbanding  yang indoor. Kucing outdoor pulang ke rumah berkondisi tidak disangka. Mungkin kotor terkena lumpur, rambut kotor karena bermain didaerah berdebu dsb. Kucing ini perlu dimandikan lebih sering. Kucing akan merasa nyaman dan selalu bersih. Kucing bersih, kita pun merasa senang dan nyaman.

 

3-Kucing usia tua

Kucing usia tua biasanya tidak bisa self grooming dengan maksimal. Kondisi sendi yang kurang baik menyebabkan nyeri saat melakukan self grooming. Pada kondisi ini kita perlu bantu membersihkan dirinya. Walau tidak sering karena kondisi mungkin kurang baik, jika dirasa perlu mandi, maka mandikan.

 

4-Penyakit kulit

Penyakit kulit yang menyeluruh misalnya infeksi jamur (ringworm) diseluruh tubuh. membuat kuicng perlu dilakukan treatment mandi dengan shampoo khusus untuk mendukung persembuhan.

 

Kucing termasuk hewan yang sensitif dan mudah stress sehingga perlu perlakuan khusus ketika ingin memandikannya. 

 

5-Yang perlu diperhatikan

a-Usia

Umur kucing yang baik untuk mulai mandi pada usia 2 bulan (setelah disapih induknya). Pada kondisi ini kucing senang bermain dan siap belajar berbagai hal. Usia sebelum 2 bulan atau 8 minggu sebaiknya dimandikan kering gunakan lap dan tisu basah.

 

2-Suhu Air

Kucing, makhluk hidup dengan sistem indera lengkap dapat membedakan dingin dan panas. Karenanya perlu diperhatikan suhu air yang digunakan memandikan yaitu suhu yang hangat (suam kuku).

 

c-Kondisi kesehatan

Tentu hanya memandikan kucing sehat saja, tidak kondisi demam, tidak kondisi hamil dan menyusui.

 

Semoga bisa menjawab pertanyaan tentang Apakah Kucing Perlu Mandi?

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://tanyadokterhewan.com/2016/05/19/apakah-kucing-perlu-mandi/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close