Kesehatan

Pakai earphone saat tidur-merusak Koklea Telinga

Jaman Now, nampaknya mayoritas manusia tidak bisa lepas dari HP dan earphone. Adakah bahayanya? Ikuti saja cuplikan hal yang bertalian dari detik.com berikut : Anda Senang mendengarkan musik melalui earphone hingga tertidur? Pakar menyebut kebiasaan itu berbahaya bagi kesehatan telinga.

dr Harim Priyono, SpTHT-KL(K) dari Departemen THT Bedah Kepala dan Leher RSCM – FK UI, mengatakan mendengarkan musik melalui earphone sejatinya boleh. Meski begitu, perhatikan lamanya mendengar dan tingkat kebisingan suara.

“Kalau pakai earphone dengerin musik boleh. Cuma sekarang anak muda senangnya dengerin musik sambil tertidur. Itu berbahaya,” tutur dr Harim, ditemui di RSCM Kencana, Jalan P. Diponegoro, Jakpus.

Dijelaskan dr Harim, manusia tidak lagi bisa mengolah suara saat tertidur. Dengan kata lain, gelombang suara yang masuk ke telinga tidak ditangkap sebagai bunyi oleh otak.

Meski begitu, penggunaan earphone saat tertidur membuat gelombang suara tetap masuk ke telinga, yang mengaktifkan koklea atau rumah siput. Koklea organ yang berfungsi mengirim pesan ke saraf dan otak. “Ketika earphone digunakan saat tidur, kita nggak dengar. Tapi koklea tetap kerja karena dia kena gelombang suara terus. Jika sering dilakukan, lama2 nanti koklea bisa kelelahan dan rusak”.

Kerusakan koklea bisa berujung gangguan pendengaran. Menurutnya, gangguan pendengaran ini diklasifikasikan gangguan pendengaran yang disebabkan bising atau noice induced hearing loss (NIDCD).

“Kalau parah bisa menyebabkan gangguan sensorineural (gangguan pendengaran karena saraf) dan kehilangan pendengaran atau tulinya permanen,” pungkasnya. (mrs/vit; Muhamaad Reza Sulaiman)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://health.detik.com/read/2017/01/25/092318/3404732/763/gunakan-earphone-saat-tidur-koklea-telinga-bisa-rusak)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close