RSS Feed     Twitter     Facebook

Tanda Tubuh kurang Serat

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Tanda Tubuh kurang Serat

Sering kita dengar bahwa tubuh membutuhkan serat yang cukup. Jika kekurangan bagaimana? Berdasarkan cuplikan dari 1health.id kita bisa tahu tanda2 jika kekurangan asupan tersebut : Serat itu kandungan makanan yang sangat penting untuk tubuh Anda.

 

Dalam 1.000 kalori makanan yang Anda konsumsi, disarankan mengandung serat 14 gram. Kekurangan serat dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Berikut 5 tanda tubuh Anda kekurangan serat.

 

1-Konstipasi

Waspadalah bila perut Anda terasa tidak nyaman, ditambah lagi tidak buang air besar lebih dari tiga hari. Ini pertanda Anda mengalami konstipasi. Penyebab utama terjadinya konstipasi adalah kekurangan serat. Segera tambahkan makanan tinggi serat bila Anda mengalami konstipasi.

 

2-Selalu lapar

Makanan tinggi serat, membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini lantaran serat menyerap air di dalam saluran cerna, dan membuat Anda merasa kenyang. Kebalikannya, kekurangan serat akan membuat Anda mudah lapar. Hal inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah gemuk.

 

3- Mudah lelah dan mual

Saat tubuh kekurangan serat, maka kadar gula darah akan naik drastis, namun juga turun dengan cepat. Hal ini membuat Anda merasa mudah lelah dan terkadang disertai dengan mual.

 

4-Kadar kolesterol tinggi

Serat bukan hanya membuat Anda kenyang lebih lama, tapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Periksalah kadar kolesterol Anda secara berkala. Bila angka kolesterol Anda tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak serat.

 

5-Kadar gula darah tinggi

Serat juga menurunkan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi lebih banyak serat dapat menunda penyerapan gula dari usus kecil ke aliran darah. Sehingga kadar gula darah tak meningkat drastis. Maka penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi lebih banyak serat. Bila pemeriksaan kadar gula darah Anda tinggi, artinya tubuh Anda kurang serat. (Bebby Sekarsari);

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-tanda-tubuh-kekurangan-serat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply