Aku cinta Indonesia

Bakal ada Stadion keren di Papu

(properti.kompas.com)-Dalam waktu dekat Papua segera menikmati stadion baru. Fasilitas ini bakal keren karena mengadopsi langgam arsitektural lokal. Berada di Kampung Harapan, Sentani, Kab-Jayapura, Papua, itu diberi nama Stadion Papua bangkit.

 

Digarap oleh PT PP, stadion ini akan jadi venue utama perhelatan PON tahun 2020. Adapun luas stadion mencapai 71.697 m2 di atas lahan 13 hektar dengan kontrak senilai Rp 1,3 triliun. Stadion ber kapasitas 40.000 penonton ini dilengkapi lapangan latihan dan bangunan utilitas lain.

 

Dari rendering yang beredar, terlihat ukiran khas Papua berbentuk barisan segitiga mendominasi bagian fasad bangunan. Pada sisi kiri dan kanan stadion, ukiran itu berukuran lebih besar dari bagian pelengkung. Sebuah tulisan ‘Stadion Papua Bangkit’ warna merah, mendominasi atap sisi pelengkung.

 

Pembangunan stadion ini mulai 2016 dan ditargetkan selesai akhir-2018. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemen-PUPR Endra S Atmawidjaya mengatakan dana pembangunan Stadion Papua Bangkit ini berasal dari APBD.

 

“Sesuai Inpres, yang kami tangani : Istora, stadion renang (akuatik), lapangan kriket, dan hoki. Velodrome batal karena tidak jadi dipertandingkan” terang Endra ke Kompas.com, (17/2/18). Pada Oktorber 2017, Kementerian PUPR mendapat tambahan anggaran di dalam R-APBN 2018 Rp 475 miliar.

 

Dari jumlah itu di antaranya dialokasikan untuk dukungan PON XX di Papua, yakni diperuntukkan bagi pembangunan arena akuatik (Rp 64,6M), Istora Papua Bangkit (Rp 48M), arena cricket (Rp 14,9M), dan lapangan hockey (Rp 35M). (Dani Prabowo; Hilda B Alexander;l  Bahan dari :  (http://properti.kompas.com/read/2018/02/18/210000221/papua-bakal-punya-stadion-keren)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close