Opini dan sukses bisnis

Jadi Reseller Online yang Sukses

(ekonomi.kompas.com)-Keterbatasan modal bukan hambatan saat ingin berbisnis. Ada cara2 bisa ditempuh untuk memperoleh modal, yaitu mencari sponsor, berbisnis patungan, atau pinjam uang ke bank. Tapi, hidup jadi kurang tenang karena selalu di-bayang2i bayar cicilan.

 

Untuk menghemat modal, Anda bisa jalankan bisnis online. Keuntungan dari bisnis ini besar, apalagi jika Anda berhasil jadi reseller online. Namun, sebelum benar2 terjun sebagai reseller online, sebaiknya mencermati hal2 ini.

 

1-Tentukan produk yang akan dijual

Sebelum memulai bisnis jadi reseller online, coba cari tahu produk apa yang ingin Anda jual. Entah itu pakaian, make up, automotif, atau aksesoris. Jangan lupa menentukan siapa yang jadi target pasar agar proses penjualan produk jelas. Usahakan produk yang dijual sesuai permintaan pasar.

 

Agar proses pemasaran produk mudah, Anda perlu tahu seluk beluk dari produk yang dijual. Ketika t konsumen tanya detail dari produk yang dijual, Anda dapat menjelaskannya dengan baik dan lengkap.

 

2-Tetapkan Harga yang terjangkau

Lanjut menentukan harga jual per produk. Penetapan harga jual harus sesuai keadaan ekonomi masyarakat. Juallah produk berharga terjangkau. Hindari jual dengan harga terlalu mahal. Harga jual  rendah tidak untung optimal. Namun, cara ini leih baik untuk mempercepat laju perputaran barang dan pendapatan. Dengan begitu, bisnis Anda terus berjalan.

 

3-Kenali Kompetitor

Posisi kompetitor dapat membahayakan posisi Anda sebagai reseller online. Tidak dapat dimungkiri, makin banyak reseller, makin ketat persaingan. Akibatnya, proses perputaran barang melambat. Apalagi jika pesaing memonopoli harga barang. Harga yang ditetapkan pesaing lebih murah dibanding harga yang Anda tetapkan.

 

Lain halnya jika memiliki pelanggan tetap. Proses perputaran barang tidak terkena dampak yang siginifikan. Selain persaingan harga, Anda dan kompetitor juga akan bersaing di sektor kualitas produk. Juga dalam hal pelayanan bisnis online.

 

4-Gunakan teknik pemasaran yang sesuai

Tetapkan teknik atau strategi pemasaran yang tepat. Ketika Anda hanya menjual produk di satu pasar saja, kapan bisnis akan berputar? Bisa2 bisnis hanya bergerak di situ2 saja atau menuju kebangkrutan.

Metode pemasaran yang tepat menjajakan bisnis online, melalui medsos, media cetak (majalah, koran), atau media elektronik (TV dan radio). Pilih metode tercocok untuk produk yang Anda jual.

 

5-Promosi di Medsos

Promosi di medsos salah satu dari teknik pemasaran ter-ampuh berbisnis online. Metode promosi biasanya melalui akun medsos, misalnya FB dan Instagram. Anda juga dapat mencoba medsos lainnya, seperti Twitter, blog, atau online marketplace.

 

Cara promosi di medsos sangat mudah, yaitu membuat akun khusus bisnis online, posting foto, dan testimoni. Testimoni berguna sebagai tanda bukti atas transaksi penjualan yang berfungsi untuk menambah kredibilitas Anda sebagai reseller online.

 

6-Berikan Promo menarik

Jadilah reseller online yang sedikit royal. Artinya, jangan enggan memberi promo menarik. Pengadaan promo juga tidak perlu terlalu sering. Cukup event tertentu saja. Misalnya, anniversary bisnis online atau perayaan hari2 besar di Indonesia.

 

Pemberian promo menarik dipercaya ampuh memanggil konsumen untuk beli produk yang Anda jual. Uniknya, konsumen yang datang bukan hanya yang sudah pernah membeli, melainkan juga konsumen baru yang sama sekali belum membeli.

 

7-Jadilah Reseller bijak

Jadi reseller itu tak sulit, tapi juga tak mudah. Anda harus ekstra hati2 selama menjalankan bisnis agar  berjalan lancar sesuai harapan. Selain mengikuti tips di atas, Anda membangun pelayanan yang baik untuk meningkatkan relasi dengan para pelanggan. (Aprillia Ika; Cermati.com; bahan dari : http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/08/110000326/jadilah-reseller-online-yang-sukses-dengan-6-hal-berikut)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close