Iptek dan Lingk. Hidup

Merapikan Instagram tanpa menghapus

Yuk kita ikuti tekno.kompas.com, bagi yang ingin  mempelajari Instagram yang perlu di rapikan tampilannya, silahkan : Pengguna Instagram kadang ingin merapikan tampilan feed  di halaman Profilnya. Alasannya bisa jadi demi personal branding digital atau ingin menghapus foto2 yang tak relevan atau diinginkan.

 

Banyak yang berusaha menghapus “aib” di foto2 yang diunggah saat awal menggunakan Instagram, termasuk foto2 dengan filter2 baru yang pada jamannya “hits” namun “jadul” untuk sekarang. Di awal kemunculannya Instagram hanya memberi opsi hapus menghilangkan jejak foto seperti itu.

 

Kini Instagram menawarkan opsi lain menyembunyikan foto2 yang “menghalangi” tampilan feed profil Instagram lebih menawan. Opsi ini fitur Arsip (Archieve) yang dirilis pertengahan 2017. Seperti namanya, fitur ini bekerja seperti kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, termasuk Instagram Stories pemilik akun.

 

Caranya mudah, pilih kiriman, bisa berupa foto atau video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas hingga muncul pop-up pilihan “Arsip” (Archieve). Dengan begitu, foto berpindah dari laman Profil ke kotak arsip, lengkap dengan jumlah penyuka (like) dan komentar yang tetap utuh.

 

Jika merasa foto itu perlu dipublikasikan lagi, pengguna bisa mengembalikan foto ke tempat semula. Caranya, klik ikon jam di laman Profil di bagian atas, kemudian pilih “kiriman diarsipkan” (Posts Archieve) dan pilih foto yang ingin ditampilkan kembali. Pilih “tampilkan di profil” (show in profile) pada pop-up.

 

Secara otomatis, foto kembali ke laman Profile utuh tanpa menghilangkan jumlah like dan komentarnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Life Wire, (1/2/18). Tak hanya foto atau video, fitur Arsip juga bisa memperpanjang umur Instagram Stories yang sedianya hanya 24 jam.

 

Cukup buka profil Instagram, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Gulir kebawah hingga menemukan opsi “pengaturan cerita” (Story setting). Pada opsi “menyimpan” (Saving) aktifkan pilihan “simpan ke arsip” (Save to Archieve).

 

Maka stories Anda bisa dilihat berulang kali tanpa khawatir hilang setelah 24 jam. Cara melihat Stories yang diarsipkan sama seperti membuka arsip kiriman. Pilih opsi “arsip cerita” (Stories Archieve). Stories akan muncul beserta tanggal stories itu dibuat. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi; Reska K Nistanto; Life Wire; bahan dari :  http://tekno.kompas.com/read/2018/02/01/19430077/cara-merapikan-posting-an-instagram-tanpa-menghapus)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close