Iptek dan Lingk. Hidup

Ragu registrasi Sim Card udah terdaftar atau belum

(inet.detik.com)-Program registrasi SIM card prabayar menyisakan celah, beberapa pelanggan seluler mengaku tidak dapat konfirmasi walau sudah mendaftar. Seperti Regi, pegawai swasta. Ia mengeluhkan tidak ada informasi lanjutan, ketika sudah melakukan registrasi melalui SMS ke nomor 4444.

“Saya sudah registrasi lewat SMS tapi tidak ada konfirmasi bahwa sudah terdaftar. Saya baru tahu, ketika datang ke gerai” ucapnya. Mengenai persoalan , ini Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan untuk waktu2 tertentu, konfirmasi dari operator bisa tertunda.

“Ketika pelanggan melakukan registrasi, ada konfirmasi balik dari operator, bisa berhasil bisa gagal. Konfirmasi bisa jadi tertunda beberapa saat. Pelanggan yang dapat konfirmasi berhasil, (maka) selesai proses registrasinya,” tutur Komisioner BRTI Agung Harsoyo.

 

Seperti dialami Regi, menurut Agung itu bisa dialami karena trafik telekomunikasi dari operator seluler padat. “Bervariasi terkait kondisi jaringan. Ketika tidak penuh, beberapa detik kemudian akan dapat balikan (konfirmasi). Dianjurkan pelanggan tidak menunggu batas waktu akhir registrasi” sebutnya.

Bila mereka tetap belum menerima konfirmasi sudah registrasi dari operator, Agung menghimbau agar pelanggan menghubungi customer service operator terkait. “(Bisa) tanyakan ke bagian customer service operator. Bisa lewat call center, website, atau medsos” ucapnya.

 

Fitur Check Operator
Ketum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys, mengungkap pelanggan seluler dapat memanfaatkan fitur check yang disediakan masing2 operator. “Bisa lihat di fitur check di website atua aplikasi masing2 operator,” sebutnya. Fitur check yang dimaksud:

1. Telkomsel
Via WEB https://telkomsel.com/cek-prepaid

2. Indosat Ooredoo
Via SMS dengan format
INFO#NIK kirim ke 4444
INFO#MSISDN kirim ke 4444

3. Xl Axiata
Via USSD dengan format
*123*4444#

4. Tri Hutchinson
Via WEB https://registrasi.tri.co.id

5. Smartfren
Via Web https://my.smartfren.com/check_nik.php

6. Net1 STI
Via Web https://my.net1.co.id  ( Agus Tri Jayanto; Bahan dari :  (https://inet.detik.com/telecommunication/d-3889190/ragu-sudah-registrasi-sim-card-atau-belum-ini-tipsnya)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close