RSS Feed     Twitter     Facebook

Rasanya hidup di Negara dengan pemerintahan terbaik(2/6)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 1 views    Font size:
Rasanya hidup di Negara dengan pemerintahan terbaik(2/6)

Dalam seri ke 2 dari informasi (bbc.com/Indonesia)-adalah Selandia Baru : Australia dan Selandia Baru berselisih tipis di berbagai indeks, namun negara Kiwi unggul tipis dari segi stabilitas politik, hak asasi, dan ancaman terorisme yang rendah.

 

“Selandia Baru itu negara pertama di dunia yang memberi hak pilih kepada perempuan,” kata Zoe Helene, pendiri Cosmic Sister. Helene pernah tinggal di negara itu 10 tahun dan kini rutin mengunjungi orangtuanya yang menetap di Selandia Baru sebagai penduduk tetap.

 

“Sekelompok orang membawa petisi yang ditulis di atas kertas, dari ujung Selandia Baru ke ujung wilayah lain, mengumpulkan tanda tangan sampai petisi pemberian hak pilih itu jadi gulungan raksasa. “Gulungan itu kini bisa dilihat di museum dan menurut saya gulungan itu seharusnya jadi obyek turisme, seperti Patung Liberty (di AS),” ujar Helene.

 

Selandia Baru juga punya kebijaka mengagumkan untuk orangtua tunggal, anak2, pelajar, dan manusia Lansia. “Tahukah Anda ungkapan ‘Anda dapat menilai peradaban masyarakat dari cara memperlakukan manula? “Ketika warga Selandia Baru manula dengan usia (65), mereka otomatis menerima tunjangan dengan nominal yang relatif banyak dari pemerintah.

 

“Hak itu mereka dapatkan, tidak peduli siapa mereka, berapa banyak gaji yang mereka dapatkan, dan wariskan serta kapan mereka mulai tinggal di Selandia Baru” ujar Helene. (Lindsey Gallow;  Bahan dari :  (http://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-42844512)-FatchurR; Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply