RSS Feed     Twitter     Facebook

Rasanya hidup di Negara dengan pemerintahan terbaik(5/6)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 6 views    Font size:
Rasanya hidup di Negara dengan pemerintahan terbaik(5/6)

Ada baiknya anda mnelanjutkan sajian dari (bbc.com/Indonesia)-seri kke-05 :

Botswana

Botswana terus-menerus berpredikat negara yang memiliki pemerintahan kuat di Afrika.

 

Pencegahan korupsi, di tingkat regional Botswana peringkat tertinggi penilaian Bank Dunia dan indeks penegakan hukum. Usai skandal2 di dekade 1990-an, Botswana membentuk Direktorat Korupsi dan Kejahatan Ekonomi atau DCEC (1994). Badan itu berkelanjutan menginvestigasi dan menindak pejabat yang korupsi. Pendapat negara dari penambangan berlian secara adil didistribusikan ke seluruh desa.

 

“Setiap jengkal negara ini dibangun atas rasa persatuan nasional dan itu berlaku hingga kini,” kata Sehenyi Tlotlego, asli Botswana, koordinator kegiatan amal di perusahaan penyedia jasa ekspedisi, Sanctuary Retreats. “Kami bangsa yang meyakini dan mempraktekkan ‘ntwa kgolo ke ya molomo‘ yang berarti pertikaian diselesaikan dengan memperdebatkan solusi, bukan berperang,” tuturnya.

 

Botswana terkenal dengan kemerdekaan individu, meraih skor tinggi, untuk kemerdekaan pers dan hak atas harta benda. Kebebasan individu ini terwujud dalam interaksi sosial tiap hari. “Masyarakat Botswana itu orang2 yang mudah bergaul, yang dapat berbincang terbuka tanpa berniat tertentu.

 

“Suatu kebijaksanaan tanpa tedeng aling2 mendiskusikan persoalan untuk menuntaskannya,” ujar Tlotlego. “Kami masyarakat yang liberal, warna kulit, agama, dan gender bukan permasalahan. Kami mengatasi konfrontasi dan segala bentuk ketidakadilan”. Prinsip hak dasar itu basis yang memungkinkan warga Botswana dapat pendidikan dan jaminan kesehatan.

 

Tiap desa berpenduduk 500 orang atau lebih memenuhi syarat dapat klinik kesehatan dan sekolah tingkat dasar. Botswana masuk daftar negara pertama yang mendeteksi wabah HIV/AIDS. Mereka menggelar pengujian akurat dan program konseling, termasuk memberi terapi antiretroviral bagi setiap warga yang dinyatakan positif mengidap penyakit itu.

 

Konservasi jadi kekuatan pemerintahan Botswana, mendorong peningkatan pariwisata jadi 12% dari pendapat nasional bruto. “Mayoritas anggaran bertambah dari industri turisme dikembalikan membiayai daerah yang dilindungi, wilayah margasatwa di luar daerah dilindungi dan unit antiperburuan binatang yang terus bertambah,” kata Tlotlego.

 

“Botswana telah membentuk dan menyokong tim antiperburuan satwa terkuat di Afrika,” kata dia. (Lindsey Gallow;  Bahan dari :  (http://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-42844512)-FatchurR; Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code