Iptek dan Lingk. Hidup

Robot gantikan Barista

(sumber.com/teknologi)-Di pusat kota Tokyo, (di area bisnis dan distrik perbelanjaan Shibuya), Jepang, ada kafe Henna Cafe. Mungkin kafe ini menyajikan menu minuman yang sama seperti kafe2 umumnya, kopi misalnya. Tapi yang unik, kopi akan disajikan sebuah barista robot.

Wow, kopi yang diseduh dan disajikan oleh barista robot, Apa rasanya ya Kawan? Dilansir dari Techxplore, robot barista bernama Sawyer ini mulai “bekerja” di Henna Cafe awal Februari 2018. Selain otomotif dan hotel, teknologi robot mulai memasuki industri kafe dan restoran nih.

Saat pertama mengunjungi Henna Cafe, pengunjung disambut Sawyer yang menawarkan kopi. Jadi, si Sawyer ini robot dilengkapi tangan panjang sekaligus layar yang memperlihatkan sepasang mata kartun.

“Saya bisa membuat kopi yang lebih baik dibanding manusia di sekitar sini.” Pengunjung kafe harus beli tiket dari vending machine dulu. Tiket yang dibeli di-scan tangan Sawyer.

Sawyer seperti mesin kopi dan barista dalam 1 kemasan. Sawyer bisa menyambut tamu, menggiling biji kopi, mengisi filter dan menuangkan air panas ke gelas kertas sekaligus untuk 5 tamu. Orderanmu bisa jadi dalam beberapa menit. Sawyer juga mengoperasikan mesin otomatis khusus membuat 6 jenis minuman lain seperti cappuccino, cokelat panas dan green tea latte.

Operator Henna Cafe yang berarti “kafe aneh” ini adalah H.I.S Co., yang tidak lain tidak bukan adalah nama dari agen perjalanan Jepang yang memiliki berbagai cabang di dunia, termasuk Indonesia.

Masataka Tamaki manajer perencanaan korporasi di H.I.S mengaku poin esensial robot untuk meningkatkan produktivitas. Henna Cafe butuh seorang memantau kinerja Sawyer – perbandingan yang cukup jauh jika dibanding kafe biasa yang mempekerjakan beberapa orang. Jadi, Henna Cafe dapat menyajikan kopi bermutu baik berharga terjangkau. Segelas kopi di sini dihargai 320 yen (Rp 39.200,-).

Ini diakui Takeshi Yamamoto, tamu yang beli kopi di Henna Cafe. Menurutnya, kopi buatan Sawyer enak. “[Rasa kopinya] kaya dan  enak. Anda bisa beli kopi buatan mesin di toko2 lain juga, dan rasanya enak. Tapi di sini, [pengalaman saya] sangat menyenangkan.”. (Ellisa Gunawan;  Bahan dari :  (https://www.sumber.com/teknologi/berita-terkini-teknologi/sumber/robot-mulai-gantikan-barista.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close