Aku cinta Indonesia

UI kirim Mahasiswa-Akademisi dan Dokter ke Papua

(news.detik.com)-UI mengirimkan tim pengabdian masyarakat ke Asmat, Papua. Selama sepekan, tim ini memberi pelayanan kesehatan, gizi dan bantuan logistik.

“Ini respons cepat dari kami pada permasalahan di Papua dan sebagai upaya pendekatan multidisiplin dari kami merumuskan solusi jangka menengah dan panjang untuk masalah Papua,” ujar Direktur Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI Prof Heri Hermansyah, tertulis (16/2/18).

 

Tim 24 orang ini terdiri dari alumni, tim dokter Fakultas Kedokteran UI, pakar akademisi dari berbagai fakultas di UI, BEM UI, dan Resimen Mahasiswa (Menwa). Mereka berada di Kab-Asmat (16-22/2/2018).

 

Tak hanya memberi bantuan logistik dan layanan kesehatan, tim juga akan memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) untuk membantu distribusi listrik ke daerah-daerah Papua. TaLis merupakan inovasi dari dosen FTUI, Dr Chairul Hudaya.

Tim UI juga menggandeng TNI setempat dalam hal distribusi logistik, akomodasi, transportasi, dan pengamanan. Nantinya, tim akan memetakan masalah di Papua. Ke depan, tim UI akan menerapkan program Desa Binaan di lokasi itu.

“Karena kami ke depannya berencana untuk menerapkan program Desa Binaan di sana. Kami juga berusaha mengirimkan dokter-dokter dan tenaga kesehatan untuk melakukan kegiatan magang ke daerah Papua nantinya,” tambahnya.

 

UI Peduli itu gerakan pengabdian masyarakat UI bertujuan membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui aplikasi Ipteksosbud. Program ini berjalan sejak 2011 untuk membantu daerah bencana di Indonesia, seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun meletusnya gunung berapi di Bali.

“UI Peduli ini pengabdian UI kepada masyarakat, sehingga diharapkan institusi pendidikan tak jadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan di masyarakat,” ujarnya. (ams/imk; Aditya Mardiasttuti;  Bahan dari :  (https://news.detik.com/berita/d-3870865/ui-kirim-dokter-akademisi-hingga-mahasiswa-ke-asmat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close