Wisata dan Kuliner

Wisata di Pangkalanbun sehari(2/2)

(travel.kompas.com)-Melanjutkan informasi obyek wisata berikutnya di Pangkalanbun

3-Istana Mangkubumi

Tak jauh dari Istana Kuning, ada pula Istana Mangkubumi. Istana Adipati Mangkubumi ini diperkirakan dibangun tahun 1850.

 

Bangunan ini, merupakan rumah pribadi warisan Ratu Kuning (Ratu Adipati Mangkubumi I) yang berasal dari warisan orang tuanya yaitu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda.

 

Di sana, wisatawan bisa melihat bangunan rumah tinggal tradisional peninggalan Kerajaan Kutaringin. Wisatawan bisa sekadar berfoto maupun mendengarkan cerita sejarah dari pemandu wisata.

 

4-Kampung Pelangi

Bila gemar berwisata foto, Kampung Pelangi bisa jadi pilihan. Kampung Pelangi berada di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

 

Di sana, ada aneka mural berwarna-warni yang menghiasi tembok, jalan, dan jembatan di sekitar gang. Mural dengan motif Dayak dan panorama Kalimantan pun dapat dijumpai di rumah2 warga yang menghadap ke sungai.

 

Ada pula gambar2 lambang tokoh fiksi hero generasi kini, seperti Marvel, Superman, Batman, terlukis di jembatan kayu panjang, jalan penghubung antar kawasan tepi sungai. Di sana ada pula motif permadani, dan rubik. (Wahyu Adityo Prodjo; I Made Asdhiana;  (bahan dari : http://travel.kompas.com/read/2018/02/19/061000227/4-rekomendasi-wisata-sehari-di-pangkalan-bun-kalteng-)-FatchurR *** Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close