PsikologiYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Zaitun melindungi Masakan rumah dari Penyakit

Terbiasa mengonsumsi masakan rumah yang diolah dengan minyak zaitun kemungkinan besar membantu mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, membantu mengobati darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Masakan rumah terasa lebih nikmat dan sehat berkat kandungan vitamin E dan vitamin K di dalam minyak zaitun. Selain itu, minyak ini didukung kehadiran omega-3 dan omega-6, di samping kandungan lemak tak jenuh yang mencapai 86 persen.

Kelebihan Mengonsumsi Masakan Rumah yang Diolah dengan Minyak Zaitun
Masakan apa pun cenderung lebih terjamin dari segi keamanan kesehatannya jika diolah menggunakan minyak ini dibanding minyak lainnya. Apa saja kelebihan menggunakan minyak zaitun, kita bahas di sini.

Jantung lebih terpelihara
Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi organ tubuh yang satu ini. Selain membantu menurunkan risiko penyakit jantung, lemak jenis ini juga mengurangi risiko peradangan dan menambah kadar kolesterol baik.

Membantu menghindari stroke
Hasil penelitian, orang tua yang rutin mengonsumsi makanan yang memakai minyak zaitun, memiliki risiko terkena stroke 41 persen lebih rendah dibanding orang seusianya yang tidak atau jarang menggunakan minyak zaitun pada menu makanannya.

Kesehatan mental lebih terjaga
Makanan cepat saji dan makanan yang dibuat berjumlah banyak, seperti keripik dan kue kering, mengandung lemak trans tinggi. Efek buruk lemak trans memungkinkan tingkat depresi lebih tinggi. Peningkatan depresi 48% pada kelompok yang mengonsumsi lemak trans dibanding kelompok yang memakai minyak zaitun sebagai minyak utama.

Menjaga kesehatan hati
Sebuah studi menyatakan minyak zaitun jenis ekstra virgin membantu melindungi organ hati dari kerusakan sel. Kerusakan sel ini berhubungan erat dengan reaksi kimia dari molekul di dalam tubuh dengan radikal bebas.

Lebih terhindar dari kanker payudara
Minyak zaitun lebih bersifat melindungi tubuh dari kanker payudara dibanding minyak lainnya. Minyak zaitun mengaktifkan mekanisme yang dapat mematikan sel kanker payudara. Dengan kata lain, masakan rumah yang diolah menggunakan minyak zaitun memberikan Anda peluang lebih besar untuk bisa terhindar dari kanker payudara.

Kolesterol jahat berkurang
Penelitian lainnya terhadap manfaat minyak zaitun membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak zaitun sekali sehari selama enam minggu bisa mengurangi kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang biasa disebut kolesterol jahat di dalam darahnya.

Tips Membuat Masakan Rumah Menggunakan Minyak Zaitun:

Terdapat beragam bentuk masakan rumah yang bisa memakai minyak zaitun sebagai bahan pendukung. Salah satu contoh sederhana yang kita bisa terapkan adalah seperti ini.

 

1-Tumis masakan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa atau mentega yang tinggi kandungan lemak jenuh.

 

2-Campurkan beberapa sendok minyak zaitun dan sedikit lada bubuk, perasan lemon, madu, dan garam untuk membuat saus salad. Anda dapat membuat variasi saus salad lain dengan campuran2 bahan, misalnya cacahan bawang putih, mustard, cuka, yogurt, dan bahan lainnya sesuai selera Anda.

 

3-Jika Anda perlu membuat masakan dengan teknik marinade (bahan masakan direndam dulu dengan bumbu perendam), gunakan minyak zaitun sebagai salah satu bumbu perendamnya.

 

4-Minyak zaitun berjenis ekstra virgin bersifat mudah panas sehingga sesuai untuk masakan rumah yang pengolahannya tidak memerlukan panas tinggi.

 

Anda bisa buat camilan gorengan sendiri di rumah, tapi kali ini gunakan minyak zaitun. Dengan begitu, Anda dan keluarga terhindar dari lemak jenuh berlebihan yang merugikan tubuh. (sumber: http://www.alodokter.com/minyak-zaitun-melindungi-masakan-rumah-anda-dari-penyakit dan https://www.yakestelkom.or.id/artikel/view/minyak-zaitun-melindungi.724.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close