Aku cinta Indonesia

Akan diproduksi Bus Listrik karya anak Bangsa

(autotekno.sindonews.com)-Selangkah lagi, Indonesia akan sanggup memproduksi kendaraan listrik. Kemampuan itu diwakili oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sudah membuat prototype bus listrik.

Dikenalkan resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo di Jakarta Convention Centre (JCC), prototype bus listrik karya anak bangsa itu dipesan banyak perusahaan otobus besar. Jumlahnya tidak tanggung2 yakni mencapai ratusan unit.

Sehubungan dengan produksi massalnya, Founder PT Mobil Anak Bangsa, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengungkapkan, kini bus masih proses izin layak jalan dari Kemenhub. “Kalau sudah ok (izin layak jalan keluar), kami jalan untuk produksi massal,” kata Moeldoko kepada SINDOnews (25/3/18).

Belum ada kendala berarti yang dihadapi PT Mobil Anak Bangsa dalam memproduksinya. Bahkan soal baterainya tak ada masalah. “Baterainya sementara didatangkan dari Shanghai. Soal elektrifikasi, misalnya colokannya juga bisa digunakan di sini (Indonesia). Tak masalah,” ujarnya.

Seperti diketahui, bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa akan berlanjut ke tahapan produksi. Moeldoko berencana membangun pabrik baterainya di Indonesia.

Perusahaan2 dari Korea, China, Shanghai, dan Jepang menyatakan minatnya membangun pabrik baterai. Mantan Panglima TNI itu juga menargetkan, bila ada kolaborasi dengan perusahaan asing, maka harus terjadi transfer of technology. Sehingga ke depanya kendaraan listrik itu 100% karya anak bangsa.

Dari industri pengguna, perusahaan2 otobus yang dipelopori PT Angkasa Pura II siap menampung bus listrik itu. Antara lain, PT Steady Safe Tbk, PT Infinity Mitra Utama, PT Pahala Kencana, dan PO Sabar Subur. (mim; Muh Iqbal Marsyaf Bahan dari :   https://autotekno.sindonews.com/read/1292487/120/selangkah-lagi-indonesia-produksi-bus-listrik-buatan-anak-bangsa-1521948968)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close