Wisata dan Kuliner

Berburu Durian Merah

(banyuwangi.merdeka.com)-Ribuan wisatawan dari daerah2 menyerbu Kampung Durian di Dusun Sembawur, Desa Songgon, Kab-Banyuwangi (18/3). Mereka antusias ke kampung itumelihat berbagai varian durian yang disajikan dalam “Festival Durian Banyuwangi”.

 

Para pengunjung berdatangan ke Kampung Durian sejak pagi. Terpantau banyak kendaraan dari luar Banyuwangi yang hendak menuju Songgon. Arus lalu-lintas macet. Meski harus jalan kaki setibanya di Kampung Durian, pengunjung terus berdatangan. Semua ngin mencicipi aneka durian, durian merah, durian orange, durian pelangi, termasuk durian lokal Banyuwangi yang rasanya khas.

 

“Penasaran sama durian pelangi. Pengen buktikan warna duriannya. Walau lebih mahal, tapi puas bisa menghilangkan penasaran” kata Himawan Santoso dari Kab-Lumajang. Himawan bersama keluarga datang karena suka durian Banyuwangi. “Durian Banyuwangi lebih enak. Konsep festivalnya di tengah kebun durian ini unik” jelasnya.

 

Festival durian ini mendatangkan ribuan durian dari kebun di wilayah Kecamatan Songgon. Songgon, daerah penghasil durian. Di kecamatan ini terdapat 465 ha lahan yang ditanami durian dengan puluhan ribu pohon. Khusus di Kampung Durian, terdapat sekitar 4.000 pohon durian.

 

“Biar orang tahu, Banyuwangi kini punya sentra durian, Kampung Durian. Tidak sekadar menghasilkan durian, namun di kampung ini pengunjung juga bisa menikmati durian di tempatnya” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

 

Kampung durian bila ditempuh dari pusat Banyuwangi, 30 menit perjalanan berkendaraan bermotor. Pengunjung2 harus jalan kaki menyusuri jalan setapak 500 mt. Di sepanjang jalan itu, kebun durian terbentang luas. Para petani durian di sana menyediakan gubuk kayu di samping jalan itu. Durian disajikan langsung dari pohonnya.

 

“Konsep Kampung Durian ini menarik, wisatawan diajak ke kebunnya. Mereka bebas pilih jenis durian yang diinginkan,” kata Anas. Suasana Kampung Durian sejuk, bernuansa pedesaan, wisatawan bisa menikmati durian di bawah pohon sambil menghirup udara segar. Kampung Durian menyuguhkan varian2 durian. Seperti durian kuning, pelangi, oranye, merah, ada durian bakar, dsb.

 

Festival durian di Banyuwangi ini istimewa. “Bila biasanya festival durian digelar di pusat kota, durian diusung ke lokasi, namun di Banyuwangi beda. Festival durian digelar di tengah perkebunan durian”. (MH/MUA; Bahan dari :  https://banyuwangi.merdeka.com/info-banyuwangi/buru-durian-merah-ribuan-wisatawan-serbu-festival-di-banyuwangi-180318h.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close