Kesehatan

Makanan Kadaluarsa yang layak dikonsumsi?

(lifestyle.kompas.com)-Saat baca label di kemasan bahan makanan, kita pasti perhatikan  kadualuarsanya. Pada dasarnya, tanggal kedaluwarsa memberi info kapan produk makanan atau minuman itu berada pada puncak kualitas dan kesegarannya.

 

Tapi, mengonsumsi makanan sebelum tanggal kedaluwarsa bukan aturan mutlak yang harus diikuti. “Mengawasi tanggal penggunaan itu penting, tapi tidak perlu membuang makanan itu” kata Toby Amidor, ahli gizi dan penulis buku “The Easy 5-Ingredient Healthy Cookbook”. Tergantung makanan dan berapa lama berlalu sejak tanggal kedaluwarsa.

 

Ada makanan2 yang layak kita konsumsi setelah tanggal kedaluwarsa. Mengetahui hal ini dapat membantu mengurangi limbah makanan dan membantu biaya belanja. Berikut 4 makanan yang masih layak dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa.

 

1-Makanan kaleng

Menurut Alan Aragon, peneliti dalam bidang nutrisi, makanan olahan dapat bertahan lebih lama dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Hal yang sama, juga berlaku pada makanan kaleng. Untuk meminimalkan kerusakan pada makanan kaleng, sebaiknya kita simpan di tempat sejuk dan terhindar dari cahaya matahari.

 

Kita harus waspada pada tanda2 kerusakan makanan yang bisa kita perhatikan dari luar kaleng atau saat membukanya. Jika bagian atas / bawah kaleng terlihat menonjol, segel bocor, penyok atau karat pada kaleng, segeralah membuangnya. Adanya busa di bagian atas kaleng menandakan ada botulisme yang menyebabkan keracunan.

 

2-Produk susu

Produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt aman dikonsumsi hingga muncul tanda pembusukan. Produk susu bisa tahan hingga 5 hari dari batas tanggal kedaluwarsa-nya. Keju (terutama keju berbentuk keras) dapat bertahan lebih lama. Bahkan Amat Bergizi

 

3-Sereal dan produk biji-bijian lain
Makanan seperti sereal, pasta atau kue kering bisa dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa. Tapi rasanya sedikit apek. Jika terdapat kerusakan pada kemasannya, itu mengindikasikan kontaminasi dari hewan pengerat. Karena itu, kita harus segera membuangnya.

 

4-Buah dan sayuran beku

Sebagian besar buah dan sayuran beku bisa dikonsumsi meski melewati tanggal kedaluwarsa. Meski makananitu mengalami freezer burn atau muncul bintik-bintik es pada permukaan makanannya, kemungkinan besar aman dikonsumsi. Jangan biasakan mencairkan makanan beku lalu menyimpannya kembali di freezer karena berpotensi menyimpan bakteri.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Makanan yang Masih Layak Konsumsi Walau Kedaluwarsa”, Penulis : Ariska Puspita Anggraini; Editor : Lusia Kus Anna http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/22/190000520/makanan-yang-masih-layak-konsumsi-walau-kadaluarsa. )-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close