RSS Feed     Twitter     Facebook

Nasi Krawu dan Boranan sedap-enak dari Gresik dan Lamongan

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 51 views    Font size:
Nasi Krawu dan Boranan sedap-enak dari Gresik dan Lamongan

(food.detik.com)-Racikan nasi rames khas di tiap daerah selalu memikat. Di Jatim nasi boranan hingga krawu lauknya komplet dan sangat sedap. Jika Anda populer dengan nasi liwet dan gudeg dari Jateng, Anda dapat mencoba nasi tumpang hingga nasi jagung Madura yang enak khas Jatim.

 

1-Nasi Tumpeng
Nasi tumpang itu nasi yang disajikan dengan kuah berupa sambal tumpang. Sambal ini  sambal yang dicampur dengan tempe yang hampir busuk. Warga lokal menyebutnya dengan tempe bosok. Tempe dimasak dengan tambahan bumbu seperti cabai, bawang, garam dan rempah.

Penyajian nasi asal Kediri ini mirip nasi pecel. Nasi putih hangat dipadu aneka sayur mayur dilengkapi  peyek kacang atau udang. Makin enak disiram dengan sambal tumpang dan ditambah dengan petai china dan daun kemangi.

2.Nasi Boranan

Nasi khas Lamongan ini jadi salah satu makanan tradisional khas Jatim. Boranan asal dari tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu yang digendong dengan selendang di punggung. Dalam proses penyajiannya, nasi boranan terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek.

 

Lauk pendampingnya terdiri dari daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili serta urap sayuran. Disiram kuah sambal yang terdiri dari cabai merah dan cabai rawit direbus, parutan kelapa, bawang merah dan bawang putih, air beras sebagai pengental, lengkuas, terasi dan jeruk purut.

3.Nasi Tempong

Nasi tempong atau biasa disebut sego tempong ini makanan khas Banyuwangi. Hidangan ini terdiri dari sepiring nasi, sayuran rebus, lauk tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung. Ditambah sambal mentah.

Tempong berarti ‘tampar’ sehingga siapa saja yang makan nasi ini merasakan sensasi pedas sambal dadak sepetri orang ditampar. Beda dengan sambal biasa, dalam sajian nasi tempong sambalnya ditambahkan dengan ranti, sejenis tomat yang permukaannya berkerut dengan rasa asam segar

Salah satu warung nasi tempong yang terkenal adalah Nasi Tempong mBok Wah. Huah Pedasnya!

4.Nasi Jagung Madura

Masyarakat Madura biasanya mengonsumsi nasek ampog atau nasi jagung di pagi hari. Makanan ini terbuat dari campuran nasi putih dan tumbukan kasar biji jagung, kedua bahannya dimasak bersama. Ada ber-jenis2 lauk yang biasa disajikan dengan nasi jagung yaitu pepes ikan, ikan pindang, peyek udang, ikan teri dan dipadu dengan urap sayur dan sambal.

5.Nasi Krawu

Kata Krawu berasal dari kata ‘krawukan’ yang berarti mengambil nasi atau lauk langsung dengan tangan. Alias makan ramai2 dengan mencomot lauk pauk secara langsung. Lauknya komplet dengan empal daging yang disuwir. Tak ketinggalan telur asin, tempe goreng dan serundeng kelapa.

 

Serundeng ini bernama krawu, abon dan mangot. Nasi campur aneka lauk ini asal Gresik, Jatim. (lus/odi;  Lusiana Mustinda; Bahan dari :  (https://food.detik.com/info-kuliner/d-3276805/nasi-boranan-dan-nasi-krawu-yang-sedap-enak-dari-lamongan-dan-gresik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code