Selingan

Pemukiman tertua di temukan di Al Jawf

(autotekno.sindonews.com)-Madinah-Pihak pariwisata Arab Saudi menemukan satu bekas situs pemukiman manusia tertua di Asia dan ke-2 tertua di dunia terletak di desa Shuweihtia, (45 km) barat laut Sakakah di daerah Al-Jawf.

Menurut Direktur Pariwisata Al-Jawf, Dr. Jahz al-Shammari, situs permukiman diyakini ada lebih dari satu juta tahun lalu dan merupakan daerah tertua yang dihuni di Semenanjung Arab. “Bukti2 arkeologis menunjukkan daerah itu ada selama era Babel dan Asyur. Penemuan fosil2 juga menunjukkan situs2 Shuweihtia mungkin ada di Paleolitik / Zaman Batu Tua,” katanya dilansir dari Daily.

Selain itu, arkeolog mengungkapkan situs2 penempatan telah menyelamatkan peralatan2 yang digunakan manusia pada saat itu untuk mendapat air dan makanan. Jelaslah Jahz, usia historis suatu tempat ditentukan oleh material yang digunakan manusia pada waktu itu.

Usia tertua adalah Zaman Batu yang melihat manusia saat itu menghasilkan banyak alat2 batu tiap hari, tapi periode itu dibagi jadi beberapa fase: Zaman Batu Tua, Bawah, Pertengahan dan Modern. (wbs; Wahyu Budi Santosa; Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/1293175/124/pemukiman-tertua-di-asia-ditemukan-di-al-jawf-1522149374)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close