RSS Feed     Twitter     Facebook

Penyebab Tulang Keropos

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 6 views    Font size:
Penyebab Tulang Keropos

(hellosehat.com)- Apa yang Anda pikirkan saat dengar ‘tulang keropos’? Apakah ini hanya dialami orang2 usia tua? Menurut KemenKes, meski tulang keropos berisiko lebih banyak di usia 50-80 tahun, namun tulang keropos juga dapat menyerang usia muda. Apa penyebab tulang keropos?

 

Penyebab Tulang Keropos

Kondisi tulang keropos, mungkin lebih dikenal dengan Osteoporosis itu kondisi tubuh kehilangan banyak tulang dan hanya mampu menghasilkan sedikit tulang. Saat tulang diletakkan di bawah mikroskop, tulang terlihat tak jauh beda dengan sarang lebah, dengan ukuran lubang dan jarak yang lebih kecil.

 

Osteoporosis terjadi saat tulang kehilangan mineral : Kalsium, lebih cepat dibanding kecepatan tubuh menggantikannya, sehingga massa tulang jadi berkurang dan mudah patah. Pada kondisi lebih serius, tulang itu mungkin akan patah hanya karena bersin. Menurut ahli endokrinologi, Paul Mystkowski, berikut hal2 penyebab tulang keropos:

 

1-Ketidak-seimbangan Hormon

Terdapat hormon2 yang berperan meningkatkan massa tulang, diantaranya hormon paratiroid dan hormon pertumbuhan. Hormon2 ini bertugas dalam penggunaan kalsium oleh tulang dan menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang. Sehingga kurangnya kadar hormon2 ini dalam tubuh jadi salah satu penyebab tulang keropos.

 

2-Kurangnya Kadar Kalsium

Keberadaan kalsium dalam darah dibutuhkan organ2 seperti jantung, otot dan syaraf. Sedang tulang seperti wadah yang digunakan dalam menyimpan Kalsium dan fosfor. Sehingga, saat organ2 itu membutuhkan kalsium, organ2 tersebut akan mengambilnya dari tulang.

 

Jadi kadar kalsium rendah di tubuh dan organ yang akan tetap mengambil kalsium dari tulang, tentu menyebabkan tulang menipis hingga memudahkannya patah. Selain kalsium, keberadaan kandungan fosfor dan vit-D yang cukup dalam tubuh juga dibutuhkan menjaga kesehatan tulang.

 

3-Aktivitas Fisik yang rendah

Beraktivitas fisik yang sedikit bisa jadi penyebab tulang keropos, karena makin jarangnya tulang digunakan, maka tulang makin lemah. Hal ini dibuktikan saat astronot yang kehilangan berat badannya di luar angkasa dan tetap mampu bertahan dari kondisi kehilangan massa tulang.

 

5-Kebiiasaan Merokok

Peneliti2 berhasil mengungkapkan keracunan nikotin pada sel tulang, menyebabkan tubuh  mengalami kesulitan menggunakan estrogen, kalsium, dan vit-D yang dibutuhkan menjaga kesehatan tulang.

 

Cara Mencegah Tulang Keropos

Selain menyerupai sarang lebah, struktur tulang juga serupa dalam bangunan dan jembatan. Tulang itu kerangka yang mampu menyangga tubuh, melindungi organ tubuh dari benturan dan tempat terkaitnya otot sehingga otot mampu digerakkan dengan sambungan tulang satu dan lainnya sebagai sarananya.

 

Dengan kata lain, tulang itu penunjang utama tubuh dalam beraktivitas se-hari2. Berdasar uraian ini, banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan tulang, melalui makanan yang dikonsumsi, gaya hidup dan aktivitas fisik, misalnya. (Theresia Evelyn; Bahan dari  : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/osteoporosis/penyebab-tulang-keropos/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code