Wisata dan Kuliner

Prof. Eje Kim dari Korea jatuh cinta Durian Indonesia

(travel.kompas.com)-Perawakannya tak muda, tetapi wajah bahagia terpancar ketika ia bercerita durian Indonesia yang dicinta. Eje Kim (46), profesor perempuan dari Seoul National University. Ahli geografi ini telah malang-melintang ke berbagai negara untuk meneliti.

 

Dalam disertasinya (2003), ia temukan harta karun di hidupnya yang terus ia jaga. Ialah durian Indonesia, hampir tiap bulan ia ke Indonesia, untuk menikmati legitnya durian2. Ia pertama kali ke Indonesia Lebih dari 20 tahun lalu. Sudah 15 tahun ia kagumi kelezatan durian di berbagai daerah.

 

 

Ia bawa anak dan keluarga berburu durian ke kota2, dan hutan2. Momen terindahnya bersama durian, saat pesta durian bersama orang utan di Hutan Tangahan, Kalteng. “Momen termanis ketika ditemukan banyak orang hutan makan durian. Mereka juga suka. Saya dan anak mencoba durian mereka,” tuturya saat peluncuran buku Happy Journey, di Gramedia Central Park, Jakarta, (10/2/18).

 

Kecintaannya pada durian Indonesia tak hanya menetaskan gelar akademiknya. Juga buku2 yang  diterjemahkan ke beberapa bahasa. Salah satunya buku Happy Yummy Journey, yang ia luncurkan. Buku ini bercerita petualanggannya ke berbagai negara Asean, mencicipi durian, juga menyatu dengan budaya lokal. Sampai ia menemukan durian Indonesia yang paling menyita hatinya.

 

Ia rela rutin ke Indonesia. “Hampir tiap bulan saya ke Indonesia, 1-2 bulan sekali bersama anak atau keluarga. Kini saya profesor di Korea, jadi hanya bisa sebentar saja keluar,” ucapnya pada hadirin saat  peluncuran bukunya kala itu.

 

Lewat pengalaman2nya dalam buku Happy Yummy Journey, Eje menunjukkan kebahagiaan bisa hadir dari hal sederhana seperti makan durian atau lihat orang lain bahagia. Itu ia alami ketika bertemu orang2 di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Eje juga ingin menginspirasi pembaca mendobrak sistem nilai sosial yang mengekang dan merendahkan perempuan, serta menyadarkan betapa beruntungnya hidup di tengah masyarakat yang menghargai, serta menjunjung perempuan. Salah satu inspirasi terbesarnya tentang pemikiran itu lahir dari perjalanannya ke Minangkabau.

 

Buku Happy Yummy Journey ini tersedia di toko2 buku dan toko buku online. Buku yang seluruh halamannya dicetak berwarna ini berharga Rp 115.000. Dia tutup dengan kalimat luar biasa. Durian itu buah ajaib, bisa mengobati stres, mendatangkan kebahagiaan. Yang terpenting” Durian Indonesia amat beragam dan paling enak, jadi bersyukurlah kalian orang Indonesia.”

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Eje Kim, Profesor asal Korea yang Jatuh Cinta dengan Durian Indonesia”, Muhammad Irzal Adiakurnia; Wahyu Adityo Prodjo; https://travel.kompas.com/read/2018/02/13/070000927/eje-kim-profesor-asal-korea-yang-jatuh-cinta-dengan-durian-indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close