TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom dukung Kemenristekdikti kembangkan IdREN

(indotelko.com)-Telkom mendukung Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI mengembangkan platform penelitian Indonesian Research and Education Network (IdREN).

 

“IdREN salah satu platform memudahkan research and knowledge collaboration. Platform ini salah satu upaya meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan tinggi Indonesia di era serba digital seperti saat ini,” kata Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan, di Jakarta (19/12).

 

Dalam mendukung idREN, Telkom menyediakan jaringan dan layanan komunikasi data, penyediaan layanan collocation data center, penyediaan layanan konsultasi TIK, penyediaan backbone IdREN nasional dan interkoneksi dengan Global Research & Education Network, penyediaan dukungan teknis operasional IdREN, serta kerja sama lain.

 

“Kami ucapkan terima kasih pada Kemenristekdikti yang memberi kesempatan kepada Telkom untuk mewujudkan komitmen pengembangan dunia pendidikan Indonesia melalui infrastruktur IdREN” katanya.

Untuk menunjang pengembangan riset serta pembelajaran bagi PTN, IdREN yang kini dapat diakses melalui website dan mobile apps, akan terus memperluas koneksi dengan institusi riset nasional maupun internasional serta melakukan pengembangan konten.

 

“Saat ini IdREN terkoneksi dengan 79 institusi pendidikan nasional serta 1 lembaga riset internasional (Trans Euroasia Information Network) dan masih terus berkembang ke arah institusi strategis lainnya dalam lingkup domestik dan global,” tambah Dian.

 

idREN, network tertutup (National Closed User) yang digunakan sharing research antar perguruan tinggi dengan inisiatif 3S (Single Network, Sharing and Collaboration, Sustainable Platform). IdREN sebagai platform research antar perguruan tinggi dan sebagai jembatan antara institusi pendidikan tinggi, pemerintah, industri, media dan komunitas guna meningkatkan daya saing nasional di kancah global.

 

IdREN diprakarsai Telkom dengan menginisiasi bersama 5 Perguruan Tinggi Indonesia (UGM, Unibraw, UI, ITS, dan ITB) sebagai kampus hub nasional untuk merealisasikan kebutuhan jaringan kolaborasi riset menggunakan konsep Pentahelix (yang melibatkan pihak “Academy as a Conceptor”, “Media as an Expander”, “Government as Regulator”, “Community as an Accelerator”, dan “Business as an Enabler”.

 

Melalui pengembangan platform ini, Telkom berharap turut berkontribusi mendukung sektor pendidikan nasional meningkatkan daya saing bangsa sehingga mampu menjawab tantangan globalisasi di era digital dan mengakselerasi pencapaian visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Energi Digital Asia di tahun 2020. (ad; Bahan dari : https://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkom-kemenristekdikti)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close