Kesehatan

Hati2 bagi yang doyan Begadang

(health.detik.com)-Jakarta; Kebiasaan begadang sampai larut malam dan bangun terlalu siang sejak lama dikaitkan risiko penyakit tertentu. Sebuah penelitian terbaru kembali menegaskan hal itu.

Para ilmuwan di Northwestern Medicine dan University of Surrey membuktikan bahaya tidur larut malam dalam penelitian pada orang dewasa usia 38-73 tahun. Para partisipan diamati secara berkelanjutan selama 6,5 tahun.

Penelitian ini membandingkan risiko berbagai penyakit mematikan, dengan pola tidur para partisipan. Secara umum, partisipan terbagi 2 kelompok. Keduanya adalah morning person yang bangun lebih pagi dan tidur lebih awal di malam harinya, serta night owl yang lebih banyak begadang dan bangun siang.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Chronobiology International ini membuktikan bahwa laki-laki maupun perempuan yang banyak begadang punya risiko 10 persen lebih tinggi mengalami kematian dini karena berbagai sebab, dibanding mereka yang suka bangun pagi.

Partisipan yang senang begadang, menurut para ilmuwan lebih rentan mengalami diabetes, gangguan psikologis maupun masalah pada sistem saraf.

“Bisa jadi mereka yang begadang punya jam biologis internal yang tidak cocok dengan lingkungan eksternal,” kata Kristen Knutson, ahli saraf dari Northwestern University, seperti dikutip dari NYdailynews. (up/up; AN Uyung Pramudiarja; Bahan dari :  https://health.detik.com/berita-detikhealth/3978759/hati-hati-risiko-mati-muda-membayangi-mereka-yang-doyan-begadang)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close