Wisata dan Kuliner

Jember Fashion Carnaval ajang Branding Jember-Indonesia

(travel.kompas.com)- KUTA, Jember Fashion Carnaval (JFC) ini karnaval busana tahunan yang digelar 16 tahun terakhir. Event awalnya kegiatan keluarga untuk melewati waktu agar tak jenuh ini meraih berbagai pencapaian. Kini, Jember Fashion Carnaval bisa dibilang telah menjadi branding tersendiri.

 

Tak tanggung-tanggung, “Jadi JFC itu meraih 4 branding. Pertama, nama JFC itu branding luar biasa,” ujar Presiden JFC, Dynand Fariz, di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu. Jember Fashion Carnaval berhasil mengenalkan Jember, Jatim yang mulanya tak dikenal.

 

JFC juga membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional. Terakhir, Dynand menyebut JFC telah membuat namanya dikenal luas. “Yang ke-4 kita itu bisa branding nama, yaitu di balik JFC ada siapa, seorang Dynand Fariz. Jadi 4 branding sekaligus” kata dia. Menjadikan event sebagai 4 branding sekaligus bukan hal yang mudah.

 

Tidak banyak penyelenggara event yang mampu mencapainya. Dynand bangga pada karnaval gagasannya itu. “Kedua aja susah banget, ketiga jarang, apalagi sampai ke-4 karena itu suatu risiko yang enggak main2 dan kita harus mempertaruhkan branding sampai di forum internasional,” ucap Dynand.

 

Banyak yang dilalui 16 tahun perjalanan JFC. Prestasi2 diraih, salah satunya Best National Costume dalam ajang Miss Universe. Kostum nasional Indonesia terus mencuri perhatian dunia melalui JFC. Kini, Jember Fashion Carnaval jadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya Jember.

 

Puluhan roadshow dijalani tiap tahun. Yang teranyar bekerja sama dengan Lippo Mall Kuta menggelar karnaval  akhir September 2017. “Misinya tetap bertujuan menggaet kunjungan wisatawan ke Jember. Ini kan termasuk show promonya Jember” kata Dynand.

 

Setiap kali roadshow digelar, nama Jember tak pernah lepas dari karnaval itu. Dynand berharap akan muncul kota2 karnaval lain di Indonesia yang terinspirasi dari JFC. “Nama Jember enggak mungkin enggak dibawa. Ke mana pun sampe di mana pun kita harus bawa nama itu karena brand,” ujarnya.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jember Fashion Carnaval, Ajang “Branding” Jember dan Indonesia”, Penulis : Nursita Sari; Sri Anindiati Nursastri; Bahan dari :  (https://travel.kompas.com/read/2017/10/10/170300127/jember-fashion-carnaval-ajang-branding-jember-dan-indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close