Kesehatan

Jutaan Bakteri pada Keyboard Komputer

(cnnindonesia.com/gaya-hidup)- Jakarta, Sebagian orang menganggap tempat kotor itu sarang bakteri. Anggapan ini tak salah, hanya bakteri bersarang pada tempat yang tak terduga yakni papan tombol alias keyboard komputer. Ia tampak bersih dan baik2 saja tapi ada jutaan bakteri siap menemani orang mengetik.

Ini hasil riset bakteri pada keyboard yang dilakukan CBT Nuggets, AS seperti dikutip dari Huffington.post. Dengan alat yang digosokkan pada benda2 yang umum berada di kantor, mereka menemukan kartu identitas elektronik itu benda bakteri terbanyak : 4,6 juta bakteri tiap satu inci persegi (6,5 Cm2).

Keyboard di tempat ke-2 dengan jumlah bakteri 3,5 juta. Jumlah ini membuat keyboard lebih kotor daripada dudukan toilet. CBT Nuggets menemukan dudukan toilet hanya dihuni 172 bakteri. Jenis bakteri yang umum ditemukan seperti bakteri gram positif yang ditemukan pada pneumonia.

Lebih dalam lagi, Gary Noskin dan koleganya di Chicago’s Northwestern Memorial Hospital meneliti lebih lanjut jenis bakteri pada keyboard.

Dilansir Fox News, mereka temukan 3 jenis bakteri yakni, vancomycin-resistant enterococcus faecium (VRE), methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan pseudomonas aeruginosa (PSAE). Rilis dari Society for Healthcare Epidemiology of America menyebut ke-3 jenis bakteri ini tersebar di alam bebas. Mereka dapat mengancam nyawa.

Menyusuri berbagai sumber, VRE jenis bakteri anterococci yang resisten pada antibiotik. Bakteri ini berbahaya sebab sulit diatasi dengan vaksi yang didesain membunuh anterococci. VRE bertanggung jawab atas timbulnya infeksi saluran kencing, infeksi aliran darah dan infeksi pada luka.

MRSA itu kuman staph yang resisten antibiotik. Ia dapat menimbulkan aneka penyakit menular yang menyerang tulang, sendi, darah, katup jantung dan infeksi paru2. MRSA menyebar melalui kulit. Gejala awal biasanya terdapat ruam atau luka yang tak kunjung sembuh.

Ada pula PSAE bakteri gram negatif. Ia menyebabkan penyakit pada tanaman, hewan dan manusia. Pengobatannya sulit karena ia resisten terhadap antibiotik. PSAE mampu mengancam nyawa karena infeksi bakteri ini menimbulkan pneumonia, infeksi saluran kencing, infeksi pencernaan dan infeksi jaringan halus serta kulit.

“Penting membersihkan peralatan komputer secara teratur, strategi pencegahan penyakit yang terpenting ialah mencuci tangan,” kata Gary.  (Rah; Elise Dwi Ratnasari; Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180425113121-255-293377/waspada-jutaan-bakteri-pada-keyboard-komputer)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close