Iptek dan Lingk. Hidup

Mengemas Makanan memakai Kresek-Bisa beracun

(sains.kompas.com)-Apakah Anda sering membungkus makanan dengan kantong plastik atau kresek saja? Jika iya, sebaiknya Anda segera tinggalkan cara ini kerena berisiko tinggi bagi kesehatan tubuh.

 

Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan UI, DR Emil Budianto, berkata sifat plastik menurun ketika didaur ulang menjadi kresek. “Apalagi jika didaur ulang dengan panas yang tak sesuai, senyawanya berubah jadi senyawa aromatik. Ini beracun bagi manusia,” ujar Emil saat ditemui di Seminar Technoplast Ajak Publik Pahami Cara Penggunaan Wadah Plastik di Jakarta (26/3/18).

 

Bahan monomer : Silikon, polietelin, dan dioksin yang menyusun plastik tidak membahayakan selama  dalam kondisi aslinya, keadaan stabil dan batas normal. Namun jika plastik didaur ulang dengan suhu panas, bahan2 itu berubah bentuk dan rusak.

 

Senyawa pembentuk plastik jadi tidak lagi utuh bila telah didaur ulang ber-kali2. Senyawa seperti dioksin yang bersifat karsinogen dikhawatirkan diserap makanan dan memicu penyakit kanker, ginjal, dan hati.

Meski kantong plastik hitam sering disebut lebih berbahaya dari kantong plastik warna lain karena hasil daur ulang; keduanya sama2 tidak disarankan oleh Emil untuk dipakai mengemas makanan secara langsung. Selain menyebabkan kanker, belum ada jaminan keamanan bagi plastik itu untuk digunakan mengemas makanan.

 

Jaminan keamanan itu yakni sumber plastik daur ulang itu, apakah berasal dari bekas kemasan pestisida, limbah logam berat, atau terkontaminasi racun lainnya. Ini Kata Ahli “Setiap plastik kalau didaur ulang kan diberi zat aditif. Ini yang kita tidak tahu, makanya bahaya,” imbuh Emil. Dia sarankan masyarakat untuk segera memindahkan makanan yang dibungkus kantong plastik ke piring.

 

Babila memungkinkan, masyarakat diminta membawa wadah sendiri seperti tempat makan yang telah mencantumkan label food grade. Ini semua dilakukan supaya risiko berpindahnya zat berbahaya plastik ke makanan bisa dicegah.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jangan Mengemas Makanan Pakai Kresek, Bisa Beracun bagi Tubuh”, Penulis : Shela Kusumaningtyas; Editor : Shierine Wangsa Wibawa; https://sains.kompas.com/read/2018/03/27/071000923/jangan-mengemas-makanan-pakai-kresek-bisa-beracun-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close