RSS Feed     Twitter     Facebook

Smart City Nusantara dan Oke Oce

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 5 views    Font size:
Smart City Nusantara dan Oke Oce

(indotelko.com)-JAKARTA; Pemprov DKI berencana mensinergikan program One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (OKE OCE) dengan platorm Smart City Nusantara (SCN) untuk membuat masyarakat Ibukota jadi smart people, smart economy, dan smart industry.

 

OK OCE ini program penting mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di DKI. Sedang SCN, platfrom yang dikembangkan Telkom agar pemda dapat mengembangkan dan mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tak meninggalkan ciri khas daerah/kearifan lokal dan budaya setempat.

 

“Ada rencana kerja sama Pemprov DKI dan Telkom terkait teknologi SCN. Kita ingin SCN terintegrasi dengan OKE OCE milik pemerintah. Jadi penataan ekonomi, penataan kerakyatan khususnya, berbasis data” ungkap Wagub DKI, Sandiaga Uno kala ke Living Lab SCN Telkom di Jl Gunung Sahari Raya, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakpus, dikutip dari Jakarta.go.id (10/4).

 

Menurutnya, Smart City sudah berevolusi jadi bagian terpenting pengelolaan dan penataan kota. Smart City itu konsep pengelolaan dan penataan kota memanfaatkan teknologi informasi untuk memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya di sebuah kota lebih efektif-efisien. Smart City juga bertujuan memaksimalkan pelayanan pada warga dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Dijelaskannya, Smart City tidak berhenti pada konsep kota cerdas semata, tapi menunjang kemajuan atau pengembangan kota dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan. “Ini juga bicara mengenai smart people, smart economy, smart industry, dan tentunya save city,” terangnya.

 

Smart City harus mampu menjadi bagian untuk menjawab permasalahan kota dengan menghadirkan solusi berbasis data. Untuk itu, Pemprov DKI siap bekerjasama dengan SCN menghadirkan solusi perkotaan yang berkelanjutan.

 

“Saat ini, banyak harapan masyarakat untuk lapangan kerja dan kebijakan pemerintah bisa menghadirkan solusi. Pemprov DKI ambil kesempatan ini bekerjasama dengan teman2 dari SCN agar dapat menghadirkan lapangan kerja itu,” tandasnya. Salah satu yang diharap Pria yang disapa SSU ini solusi Smart City milik Telkom mampu menyisir hal yang tak tampak, seperti pemanfaatan air tanah.

 

“Bagaimana SCN memantau mana dari wilayah luas ditembak ke satu rumah yang masih menggunakan air tanah berdasarkan jumlah penghuninya tapi penggunaan dari PAM-nya kecil” pungkasnya. (ad; Bahan dariĀ  : https://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=smart-city-nusantara-oke-oce )-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code